Anne Ahira dan Asian Brain

Anne Ahira dan Asian Brain

Penulis : Yusuf KS

Prologue :

Anne Ahira, suatu nama fenomenal sejak sekitar tahun 2004/2005, bahkan hingga saat ini (2007) namanya masih cukup melambung. Tulisan ini adalah tulisan tentang Anne Ahira dan Asian Brain. Untuk mengetahui seluk beluk Anne Ahira dan Asian Brain, penulis membaca sumber media cetak dan online tentang Anne Ahira, dan juga mencari informasi tentang Asian Brain dan apa saja yang dipelajari di sana.

Format penulisan yang penulis lakukan adalah langsung menjelaskan tentang sisi positif, negatif, dan tambahan/omake (beberapa tambahan hal penting atau hal trivia yang bisa didiskusikan lebih lanjut) tentang Anne Ahira, diawali dengan pendahuluan dan diakhiri dengan suatu kesimpulan. Tulisan ini bukanlah suatu promosi tentang Anne Ahira dan Asian Brain, dan juga bukanlah suatu cacian (anti) terhadap Anne Ahira. Tulisan ini hanyalah sisi pandang penulis tentang Anne Ahira dan Asian Brain berdasarkan sumber-sumber penulis. Jika ada kesalahan tentang tulisan ini penulis minta maaf atas kesalahan tersebut (penulis berharap diberitahu kesalahan itu supaya bisa diperbaiki). Semoga tulisan ini bermanfaat.

Positive :

  1. Anne Ahira mempunyai pengetahuan tentang internet marketing.
    Menurut pendapat penulis (yang bukanlah seorang ahli internet marketing), Anne Ahira memang berilmu dalah hal marketing / internet marketing. Ketekunan dan latar belakang pendidikan bahasa asingnya mempermudah ia dalam mempelajari bahan-bahan internet marketing yang kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, hingga akhirnya ia menjadi seorang yang berilmu dalam internet marketing (dan membentuk Asian Brain).
  2. Cara mengajar Anne Ahira itu bagus dan cukup mudah dimengerti oleh orang awam.
    Berdasarkan pengamatan penulis dari modul-modul Asian Brain, penulis berkesimpulan bahwa Anne Ahira mempunyai cara penyampaian/pengajaran yang bagus kepada orang lain, bahkan orang awam pun dapat mengerti apa yang ia sampaikan. Penulis memperhatikan langsung beberapa orang (yang masih awam tentang internet marketing) yang bergabung dengan Asian Brain, dan kemudian mereka mengatakan bahwa cara penyampaian Anne Ahira itu memang mudah dimengerti. Mungkin hal ini disebabkan Anne Ahira yang juga mempunyai pengalaman mengajar, sehingga ia sudah mengetahui cara penyampaian yang mudah dimengerti untuk orang lain.
  3. Artikel dan modul yang ada pada Asian Brain cukup lengkap dan berlimpah.
    Artikel dan modul yang terdapat pada Asian Brain memang cukup lengkap dan berlimbah, dari mulai artikel pendek, artikel wawancara, modul belajar (file pdf, doc, dsb berisikan suatu materi) dengan banyak kategori pelajaran, audio (file mp3 berisikan suatu materi), hingga video (file wmv berisikan suatu materi). Lalu masih ditambah dengan adanya bagian support dan forum untuk membantu member Asian Brain.

Negative :

  1. Anne Ahira bukan seorang ahli IT!! Ia juga bukan seorang ahli internet!!
    Dalam tulisannya ia seringkali memberikan saran tentang IT atau internet, jika dilihat dari sisi IT sarannya itu tidaklah bagus sama sekali. Walaupun Asian Brain memiliki bagian IT, tetapi sering terlihat beberapa keliruan fatal tentang IT yang mereka nyatakan/beritahukan itu. Contoh hal ini bisa disebutkan cukup banyak, tetapi penulis belum mau menyebutkannya untuk saat ini (penulis mempunyai suatu pertimbangan).
  2. Anne Ahira seorang penulis yang kurang baik.
    Anne Ahira banyak menulis suatu artikel bahkan buku digital (e-book) tentang materi yang diajarkannya. Pertanyaannya adalah apakah Anne Ahira sendiri yang menulis tulisan tersebut? Jikapun memang benar ia sendiri yang menulis semua tulisannya, maka ia bukanlah seorang penulis yang baik dalam hal ia tidak mencantumkan referensi yang jelas pada tulisannya. Sebagai contoh, ia mempunyai tulisan tentang affiliate marketing pemula yang berjumlah 71 halaman (9 Bab), tetapi di tulisannya tidak disebutkan referensi yang ia gunakan ketika menulis tulisan tersebut. Apakah semua tulisannya itu murni hasil pikirannya sendiri sehingga tidak ada referensi sama sekali? Wah hebat sekali kalau memang benar begitu.Contoh lain ia menulis bahwa ia mendapat suatu informasi dari web blog yang ia percayai, tetapi ia tidak menyebutkan alamat web blognya (URL lengkap artikel) bahkan nama web blog-nya pun tidak disebut.

    Ada juga seseorang di forum Adsense-Id yang mengatakan bahwa semua materi Anne Ahira adalah jiplakan, salah satu contohnya adalah materi Anne Ahira yang berformat wawancara yang sebenarnya merupakan jiplakan dari marketingtips.com (http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php?t=8688&page=7 ). Wah, wah, wah…dengan informasi tersebut akan muncul pertanyaan baru, “apakah Anne Ahira itu merupakan penulis yang baik dan juga jujur?”.

  3. Jual Figur
    Banyak produk yang ia tawarkan dengan memanfaatkan nama Anne Ahira. AsianBrain.com, AsianBrainDomain.com, AsianBrainHosting.com, AsianBrainFollowUp.com, dan sebagainya, semuanya itu memanfaatkan seorang figur yaitu Anne Ahira.Sebenarnya tidak menjadi masalah kalau menjual suatu produk dengan memakai seorang figur, yang jadi masalah adalah memanfaatkan seorang figur untuk menjual suatu produk yang belum tentu bagus untuk konsumen. AsianBrain.com tempat untuk belajar internet marketing dengan memakai seorang figur Anne Ahira yang merupakan seorang internet marketer, masih bisa dianggap wajar. Tetapi untuk AsianBrainDomain.com, AsianBrainHosting.com, AsianBrainFollowUp.com yang juga memanfaatkan Anne Ahira? Nay!!

Omake :

  1. AsianBrain.com ide awalnya mungkin memang untuk pembelajaran secara online (e-learning), tetapi ia memiliki udang di balik batu.
    Udang di balik batu tersebut adalah ia memiliki tujuan lain supaya Asian Brainers memakai produk yang ia tawarkan. Setiap ada pelajaran tentang suatu materi, cukup sering Anne Ahira memberikan rekomendasi untuk memakai produk yang ia tawarkan. Sebagai contoh, ketika ia menjelaskan tentang domain, ia juga akan menawarkan jasanya di AsianBrainDomain.com, ketika menjelaskan tentang hosting, tidak lupa menawarkan jasanya di AsianBrainHosting.Com, dan masih ada contoh lainnya.
  2. Asian Brain IMC = Jualan E-book, video, audio, artikel, email tentang Internet marketing yang dibuat oleh Anne Ahira.
    Apa sih yang ada di AsianBrain.com? Apa yang Anda dapatkan jika sudah menjadi member (Asian Brainers)? Apakah Anda akan cepat kaya dengan modal Rp. 199,000/bulan setelah menjadi Asian Brainers? Jawabannya, Anda akan mendapatkan materi tentang Internet marketing yang dibuat oleh Anne Ahira (beberapa materi dibuat oleh tim Anne Ahira, mayoritas materi tetap dibuat oleh Anne Ahira) dalam bentuk e-book, video, audio, artikel yang bisa di-download dan dibaca oleh Asian Brainers. Tetapi untuk menjadi cepat kaya dengan menjadi Asian Brainers, maka jawabannya tidak mungkin. Menjadi Asian Brainers atau tidak, jika Anda tidak berusaha dengan sungguh-sungguh yang memerlukan pengorbanan (waktu untuk belajar dan berusaha dengan sungguh, uang, dan sebagainya) yang tidak sedikit, maka jangan harap bahkan jangan bermimpi jika Anda ingin cepat kaya dengan cara cepat.
  3. Pada sebuah artikel tentang Anne Ahira (blog Priyadi.net) terdapat seseorang yang berkomentar bahwa Anne Ahira itu sebenarnya adalah anak orang kaya dan kekayaan orang tuanya lebih besar daripada milik Anne Ahira.
    Tentu saja hal tersebut masih perlu diselidiki kebenarannya. Komentar tersebut sangat bertentangan dengan profil Anne Ahira yang penulis baca melalui media cetak (majalah Wirausaha dan Keuangan) dan media online (tokohindonesia.com). Pada profil Anne Ahira yang penulis baca, disebutkan bahwa latar belakang keluarga Anne Ahira adalah keluarga sederhana.
  4. Anne Ahira is a Japanese?
    Banyak orang yang mengira bahwa Anne Ahira itu adalah orang Jepang, hal itu wajar karena Anne Ahira memiliki nama yang mirip nama Jepang dan wajah yang mirip wajah Jepang. Awalnya pun penulis berpikir seperti itu, awal rasa ingin tahu penulis tentang Anne Ahira adalah penulis mengira ia merupakan orang Jepang (jadi ingat Robert T Kiyosuke, eh Kiyosaki ^^), tetapi setelah melihat wajahnya melalui media cetak (Wira Usaha dan Keuangan) penulis terkejut, penulis berpikir rasanya Anne Ahira itu orang Indonesia asli. Setelah melihat lebih banyak foto-foto yang tertera pada media tersebut, dan juga membaca profil Anne Ahira, ternyata faktanya memang Anne Ahira adalah orang Bandung asli Indonesia yang berumur 28 tahun.Bukti lain yang menandakan ia orang Indonesia adalah ia menyatakan pada sebuah seminar (lihat VCD Anne Ahira dari majalah Wirausaha dan Keuangan) bahwa kartun favoritnya adalah Dora dan Avatar. What..the…!!?? Dora? Avatar? Horohorohoro…setidaknya jika ia orang Jepang ia akan menyebut salah satu judul anime, One Piece, ES21, Naruto, Bleach, Doraemon, atau apa saja yang bagus😀.

    Sebagian orang yang kebanyakan laki-laki (setelah mengetahui fakta bahwa Anne Ahira adalah orang Bandung asli Indonesia) ada yang tetap berpendapat bahwa Anne Ahira tetap mirip dengan cewek Jepang. Bahkan ada yang memujinya dengan pujian khas cowok, “kulitnya putih banget”, “kulitnya halus banget” (itupun belum tentu mereka pernah menyentuhnya :D), “cakep banget kayak orang Jepang”, bahkan ada yang sangat ingin jadi suaminya (apalagi dengan status kaya yang ada pada Anne Ahira saat ini). Bagaimana pendapat penulis? Hmm..kalau Anne Ahira mirip dengan Nami Tamaki mungkin penulis juga akan seperti mereka dan akan menjadi Asian Brainers+Fans terbaik🙂 Go!Go! Nami Tamaki! Kawai!! Kirei..!!Sugee…!! Loh kok jadi ngomongin Nami Tamaki? Suitei Shoujou tetap yang terbaik!! (What the….^^).

  5. Anne Ahira pada tahun 2004-2005 jauh berbeda dengan Anne Ahira saat ini.
    Pada tahun 2004-2005, bisnisnya bukanlah suatu internet marketing center seperti yang ada saat ini, melainkan bisnis MLM/money game/dsj. Tentu saja banyak yang kontra dengan bisnis seperti itu (penulis juga termasuk yang sangat anti dengan MLM/money game/pyramid dsj) . Akibatnya, banyak orang (terutama melalui web blog) yang sangat mengkritik Anne Ahira, tetapi Anne Ahira dan Elite Team International tetap bertahan terhadapan kritikan yang ada pada saat itu. Pada akhirnya (2005) bisnis MLM Anne Ahira tersebut dibubarkan, kemudian Anne Ahira fokus untuk membuat internet marketing center (AsianBrain.com). AsianBrain.com kemudian terus bertahan hingga saat ini.Saat ini AsianBrain.com tidak mengandung unsur MLM, AsianBrain.com memang fokus di internet marketing center (walau ada udang di balik batu :D). Entahlah dengan bisnis Anne Ahira yang lain (yang tidak dimulai dengan nama awalan AsianBrain sebagai nama bisnisnya).
  6. Bisnis Anne Ahira
    Berdasarkan sumber e-book, mp3, dan video yang ada pada AsianBrain.com (Asian Brainers member), dijelaskan bahwa AsianBrain.com bukanlah bisnis utama Anne Ahira, Anne Ahira kadang menyebutkan contoh tentang bisnis yang ia pernah kerjakan. Sayang sekali ia tidak menjelaskan apakah bisnis yang lain itu masih dijalankan saat ini atau tidak. Sebagai contoh, ia menyebutkan bahwa biaya seminar (online) untuk orang asing mencapai ribuan dollars, tetapi ia tidak menyebutkan waktunya, ia tidak menjelaskan apakah hal tersebut adalah hanya masa lalu atau memang masih dikerjakan untuk saat ini? Lalu apakah memang benar AsianBrain.com bukan bisnis utama Anne Ahira? Jika memang AsianBrain.com bukan bisnis utama Anne Ahira, lalu sumber utama penghasilan Anne Ahira apa (masa lalu, saat ini, dan masa depan)? Apakah dari Adsense, atau dari produk lain Asian Brain atau apa? Atau jangan-jangan bisnis utama Anne Ahira adalah Asian Brain itu sendiri?
  7. Kekayaan Anne Ahira
    Sering disebutkan bahwa Anne Ahira mendapatkan penghasilan dalam ribuan dollars (bahkan mungkin lebih, puluhan ribu, ratusan ribu?). Bahkan ada seorang yang mengaku pengamat Internet marketer mengatakan bahwa Anne Ahira bisa dikategorikan top ten di Asia (http://www.anneahirasuck.com/index.php/topic,8.0.html). Lalu, apakah nama Anne Ahira tercatat sebagai salah satu pembayar pajak tertinggi di Indonesia? Jika dengan asumsi Anne Ahira belum mempunyai NPWP atau ia bayar pajak seadanya saja, maka wajar jika nama Anne Ahira tidak tercatat sebagai salah satu pembayar pajak tertinggi di Indonesia (Top 100 atau Top apa saja yang ada nama pembayar pajak tertinggi dan rajin :)).Penulis mencoba menghitung kekayaan Anne Ahira dari sisi bisnis AsianBrain IMC-nya. Data member forum Asian Brain hampir mencapai 2000 orang (mungkin sekarang bertambah), anggap saja 2000 dan semuanya masih aktif menjadi Asian Brainers. Anggap saja Anne Ahira dan timnya mencapai 50 orang, karena itu perlu dikurangi (2000-50=1950). 1950*200,000=Rp. 390,000,000 per bulan. WOW!! Angka yang buanyak menurut banyak orang (termasuk penulis ^^). Ingat, perhitungan itu diambil berdasarkan member forum Asian Brain, pada kenyataannya masih banyak Asian Brainers yang tidak bergabung menjadi member forum Asian Brain. Kalau dihitung semua mungkin bisa mencapai 2-5 kali lipat dari perhitungan sebelumnya (penulis anggap saja 3 kali lipat, maka perhitungannya menjadi 3* 390,000,000= Rp. 1,170,000,000 per bulan). Aje gile..nolnya banyak banget..!! Per bulan lagi!!! Wajar saja jika ada orang yang mengatakan bahwa sebenarnya bisnis utama Anne Ahira itu hanyalah dari AsianBrain.com (lihat kembali point 6 dari bagian Omake ini).

    Itu hanyalah kemungkinan jumlah kekayaan Anne Ahira dari sisi AsianBrain IMC saja, belum ditambah dengan penghasilan produk lain AsianBrain (AsianBrainFollowUp, AsianBrainDomain, AsianBrainHosting), dan penghasilan lain Anne Ahira (Adsense, dan lainnya jika memang ada).

  8. Anne Ahira orang terkenal di dunia!!
    Benarkah? Ukuran terkenal itu sebenarnya relatif. Terkenal dari sisi apa neh!? Jika pertanyaannya apakah Anne Ahira salah satu orang terkenal di Indonesia, maka jawabannya ya, Anne Ahira cukup terkenal di Indonesia. Tetapi jika aspek terkenal itu dari sisi dunia, apakah Anne Ahira salah seorang terkenal di dunia? Maka jawabannya bisa ya atau tidak. Penulis sendiri sampai saat ini masih kesulitan mencari referensi tentang Anne Ahira yang berbahasa Inggris (atau bahasa bukan Indonesia) yang ditulis oleh orang luar negeri (non Indonesia). Dengan alasan itu penulis berpendapat bahwa Anne Ahira belum tentu terkenal di luar negeri, bahkan di Asia Tenggara. Lalu terkenal atau tidaknya seseorang tidak otomatis memastikan bahwa orang terkenal itu ahli dibidangnya sesuai yang diberitakan.Terkadang ada beberapa orang yang terkenal tentang suatu hal, tetapi orang tersebut pada kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang diberitakan (berlebih-lebihan atau bahkan keliru sama sekali). Sebagai contoh fiktif (atau mungkin saja memang ada) : ada seseorang yang terkenal sebagai seorang yang pakar informatika, tetapi sebenarnya ia bukanlah seorang pakar informatika, orang non informatika saja yang bisa menyebutnya sebagai pakar informatika.
  9. Pensiun sebelum 30 tahun.
    Pada website tokohindonesia.com yang memuat profil Anne Ahira yang disebut sebagai “Internet Marketer Dunia” menyebutkan bahwa Anne Ahira bercita-cita pensiun sebelum berumur 30 tahun. Saat ini Anne Ahira berumur 28 tahun, jadi kita lihat sama-sama nanti, apakah 2 tahun kemudian cita-cita itu benar-benar diwujudkan oleh Anne Ahira? Apakah Anne Ahira akan meninggalkan semua bisnisnya dan hanya tinggal santai saja pada 2 tahun yang akan datang?
  10. Arti nama Anne Ahira
    Penulis suka memerhatikan arti nama seseorang, walau ini bukan sesuatu hal yang harus diketahui atau penting, tetapi penulis cukup suka dengan hobi kecil ini. Karena itu penulis tambahkan poin yang kurang penting ini horohorohoro. [Arti suatu nama memang belum tentu sesuai dengan kenyataannya, orang yang memiliki nama yang artinya bagus belum tentu perilakunya juga bagus]. Anne Ahira ini jika diartikan dari suatu bahasa (penulis tidak mau menyebutkan bahasanya), maka artinya termasuk kategori tidak bagus (penulis tidak menyebutkan artinya karena cukup tidak enak didengar). Tapi penulis harap Anne Ahira sama sekali bukan seperti arti yang ada pada suatu bahasa tersebut. Andai saja nama Anne Ahira adalah Anne Ahiru maka artinya menjadi cukup lucu. Anne Akira cukup bagus, apalagi ditambah Toriyama hehehehe.

Conclusion :

Bagi Anda yang tertarik dengan internet marketing (e-marketing), Anda boleh saja mempelajarinya mulai dari dasar di Asian Brain Internet Marketing Center (http://www.asianbrain.com). Tidak gratis, biayanya relatif yaitu Rp. 199,000- per bulan (200ribu pembulatan). Mengerti atau tidak, sukses atau tidak, jika sudah melewati tanggal 5 setiap bulannya (Anda akan terus diingatkan untuk membayar biaya bulanan sebelum tanggal 5 melalui e-mail) dan tidak membayar biaya bulanan Asian Brain, maka otomatis Anda tidak menjadi member lagi. Informasi penting jika Anda ingin bergabung kembali, maka Anda akan kembali dari 0 (NOL), tidak memulai dari bulan yang ke berapa Anda berhenti dari Asian Brainers.

Saran penulis jika ingin mengetahui banyak tentang internet marketing dan tetap ingin bergabung dengan Asian Brain, maka penulis menyarankan agar Anda mempelajarinya dengan tekun (agar bisa cepat paham sehingga tidak mengeluarkan banyak biaya), download semua bahan yang ada, dan waktu yang diperlukan adalah 3-6 bulan. Lebih cepat lebih baik, kecuali jika Anda ingin menjadi lebih advance atau siap bayar Rp.199,000- per bulan.

Ingat, tujuannya adalah belajar, karena Asian Brain IMC adalah salah satu pusat pembelajaran internet marketing. Jika Anda bergabung ke Asian Brain dengan tujuan cepat kaya dengan mudah dan tanpa usaha yang maksimal, maka lebih baik Anda jangan bergabung, karena Anda tidak akan berhasil mewujudkannya.

Jika Anda ingin bergabung dengan Asian Brain (nantinya akan menjadi Asian Brainers), harap terus diingat bahwa nantinya akan banyak artikel/modul yang disisipi dengan rekomendasi dan promosi tentang produk lain Asian Brain (AsianBrainDomain, AsianBrainHosting, AsianBrainFollowUp, dan sebagainya). Anda jangan langsung memakai produk lain tersebut, Anda perlu mencari produk lainnya yang sejenis sebagai pertimbangan Anda (melalui search engine, baca buku, tanya teman, tanya ahli, dan sebagainya). Dengan mencari produk/jasa lain (non Anne Ahira dan non Asian Brain), Anda akan mendapat banyak informasi, kelebihan dan kekurangan tentang suatu produk/jasa yang ditawarkan dari masing-masing pemilik produk/jasa. Lalu, Anda hanya perlu memilih produk/jasa apa yang terbaik untuk Anda.

Ingin belajar internet marketing tetapi tidak mau mengeluarkan biaya? Tentu saja sangat bisa!! Anda bisa mempelajarinya sendiri dengan cara mencari bahan tentang internet marketing di search engine (Google, Yahoo, dan sejenisnya). E-book gratis juga bertebaran di internet, Anda hanya perlu berusaha untuk mencarinya dan mempelajarinya dengan baik. Mailing list dan Forum tentang internet marketing, baik berbahasa Indonesia atau Inggris juga bertebaran di Internet. Anda hanya perlu rajin mencarinya, OK🙂 ?

Setiap orang bisa mempelajari internet marketing di mana saja dengan cara apa saja, ada yang menjadi murid Anne Ahira (Asian Brainers) yang bersedia membayar iuran bulanan, ada juga yang belajar melalui pendidikan formal, dan ada juga yang belajar melalui bahan-bahan gratis yang bisa ditemukan di dunia maya.

Menjadi Asian Brainers atau tidak, jika Anda tidak berusaha dengan sungguh-sungguh yang memerlukan pengorbanan (waktu untuk belajar dan berusaha dengan sungguh, uang, dan sebagainya) yang tidak sedikit, maka jangan harap bahkan jangan bermimpi jika Anda dapat cepat kaya. Niat yang kuat, berusaha dengan maksimal, optimis, berdoa, kemudian pede aja lagi!!

Oh ya, satu hal lagi yang penulis ingin sampaikan pada tulisan kali ini (walau tidak langsung berhubungan dengan Anne Ahira dan Asian Brain). Ukuran kesuksesan seseorang itu tidak hanya bisa diukur dari uang saja. Banyak hal non-materi yang sebenarnya dapat mengukur sukses atau tidaknya seseorang. Tinggal dari sisi kita saja, apakah kita menilai seseorang itu sukses dari banyaknya uang atau dari hal lain? Silakan Anda jawab sendiri pertanyaan ini dari lubuk hati Anda yang paling dalam.

Yusuf KS (I’m not learning anything)

Web Blog :

https://myks.wordpress.com

Link this article :

https://myks.wordpress.com/2007/09/10/anne-ahira-dan-asian-brain/

PDF Version :

http://www.kakikaku.com/yks/articles/anne_ahira_asian_brain.pdf

References :

Adsense-ID (http://www.adsense-id.com/)

Anne Ahira’s blog (http://www.anneahira.com)

Anne Ahira Sucks!! (http://www.anneahirasuck.com)

Anne Ahira, sebuah paradoks di tahun 2007 (http://www.penulislepas.com/v2/?p=604)

Anti Anne Ahira (http://antianneahira.blogspot.com)

Asian Brain (modul yang ada pada AsianBrain.com untuk Asian Brainers)

Asian Brain Community

Asian Brain Forum

Bisnis Online Hasil Nyata , Katanya sih (http://seventeenosix.blogspot.com/2007/05/bisnis-online-hasil-nyata-katanya-sih.html)

Majalah Wira Usaha dan Keuangan (Edisi Februari dan Maret 2007)

Enda’s Blog (http://enda.goblogmedia.com/aksi-prihatin-terhadap-skema-bisnis-anne-ahira.html)

Priyadi’s Blog (http://priyadi.net/archives/2004/09/10/anne-ahira-bukanlah-pahlawan/)

25 Responses to “Anne Ahira dan Asian Brain”


  1. 1 sufehmi October 10, 2007 at 2:50 pm

    Wah tulisannya mendetail sekali 🙂 terimakasih, insyaAllah bisa bermanfaat untuk yang lainnya.

    Sekedar menambahkan, paman saya (Purek di sebuah universitas negeri) menceritakan bahwa ada seorang kawannya yang profesor di sebuah universitas negeri yang sangat menyukai Doraemon 😀
    Semua kawan-kawannya sudah tahu untuk tidak mengganggu dia di saat-saat tayang Doraemon di televisi.

    Melihat saya yang tercengang paman saya menjelaskan bahwa ada landasan filosofisnya mengapa beliau menyukai Doraemon.

    Saya pribadi sih tidak terlalu suka film tersebut karena melihat Nobita yang pemalas dan tidak pernah mau berubah. Tapi mungkin beliau melihat Doraemon / karakter positif lainnya / film tersebut secara keseluruhan. Wallahua’lam.

    Menarik … 😀

  2. 2 Yusuf KS October 12, 2007 at 3:40 am

    @ Sufehmi

    Terima kasih untuk komentarnya.

    Tentang Doraemon, saya pikir beberapa hal bagus tentang anime (kartun) tersebut adalah :
    – Anime tersebut mudah dipahami ceritanya oleh banyak orang, khususnya anak kecil
    – Anime tersebut membuat banyak orang (terutama anak kecil) menjadi senang
    – Anime tersebut memuat tentang pertemanan yang baik
    – Salah satu filosofi yang perlu ditanam ketika menonton Doraemon : “kamu(penonton) kalau malas seperti Nobita akan selalu sial sepertinya. Ini pelajaran untuk kamu supaya kamu jangan menjadi pemalas.”

    Loh kok jadi ngomongin Doraemon *_*😀😀

  3. 3 Kevin Hsu December 5, 2007 at 4:12 pm

    Saya setuju sekali kalau As*an Bra*in itu khusus untuk orang-orang yang ingin belajar inter*et marke*ing dengan serius.. dalam jangka waktu minimal 6 bulan..

    Asi*n Bra*n sepertinya bukan untuk orang yang ingin biasa-biasa saja (mungkin juga bukan untuk ordinary person) dan juga bukan program cep*t k*ya! Kalau kaya di 1 atau 2 tahun kemudian sih mungkin saja..

    Asal mau belajar, praktek dan fokus.. hal inilah yang menjadi tantangan besar kebanyakan orang..

    Saran dikit.. kalau negatifnya diuraikan, positifnya juga sebaiknya diuraikan atau sebaliknya.

  4. 4 Kevin Hsu December 5, 2007 at 5:02 pm

    Pendapat pribadi saya:

    Negatif 1; Ann* Ahi*a memang bukan ahlinya IT dan kesalahan itu hal yang wajar, setiap orang melakukan kesalahan. Bagi anda yang merasa ahlinya adalah tugas anda untuk membernakannya.

    Lebih baik berpikir positif… Ann* Ahi*a saja bukan ahli IT bisa jadi IM handal, bagaimanda dengan anda yang ahli IT, mungkin bisa lebih hebat.. jadi untuk menjadi seorang IM itu tidak harus ahli IT, lulusan arsitek, ekonomi, dll juga bisa..

    Negatif 2; Saya seringa baca eb**k2 luar negeri dari berbagai IM kelas dunia.. merekapun sama saja. Menulis ebook tidak harus formal, bahkan seringkali mereka menyarankan bahwa menulis eb**k itu sebaiknya seperti anda berbicara pada teman anda.

    Hati2! ada yang disebut priv*te l*bel ar*tcle.. (bisa berupa hasil wawancara atau tips, dll). Kita beli sebuah artikel PLA dan artikel itu boleh kita klaim sebagai tulisan kita, tentu dengan aturan2 tertentu.

    Negatif 3; Saya gak ngerti maksudnya anda.. toh semua nama domain itu miliknya.. kenapa nggak..

  5. 5 Kevin Hsu December 5, 2007 at 5:58 pm

    Pendapat saya tentang Omake 1:

    Hati2 dengan istilah “udang dibalik batu”, istilah di dunia market*ng, itu disebut “b*ck-end pr*duct” atau juga “*psell” (beda dikit tapi intinya sama)

    Misalkan begini..
    Anda jualan buku tulis, lalau ada seseorang yang beli buku tulis ke anda. Selesai… Anda untng kan? Berapa? tentu anda dapat untung dari bisnis value buku tulis itu.

    Sekarang begini..
    Saya jualan buku tulis, lalu ada seseorang yang beli buku tulis ke saya. (karena saya faham tentang ups*le) jadi tidak hanya sampai disitu… sebelum orang itu pergi saya tawarkan juga.. pensil.. saya bilang “Sekalian pensilnya?” lalu tiba2 orang itu bilang “Ok deh sekalian aja”

    Saya untung dong? Berapa? BV dari buku tulis PLUS dari pensil (*psell pr*duct)

    Itu adalah salah satu str*tegy market*ng. Tidak ada paksaan untuk beli, *psell pr*duct hanya rekomendasi.

    Thank you.

    Best regards,
    Kevin Hsu

  6. 6 Yusuf KS December 12, 2007 at 5:16 am

    Daftar singkatan : AA=Anne Ahira, AB=Asian Brain, ABers=Asian Brainers.

    Asi*n Bra*n sepertinya bukan untuk orang yang ingin biasa-biasa saja (mungkin juga bukan untuk ordinary person) dan juga bukan program cep*t k*ya! Kalau kaya di 1 atau 2 tahun kemudian sih mungkin saja..

    jadi istimewa ya😀 hmm… mungkin juga akan lebih pas bila pada website AB pada halaman pendaftaran tertera kalimat : “Hanya untuk orang yang serius belajar, prakter, dan fokus.”🙂😀

    Kalau kaya di 1 atau 2 tahun kemudian sih mungkin saja..

    masih mungkin kan…plus ditambah syarat belajar tekun, praktek, fokus, etc.

    Saran dikit.. kalau negatifnya diuraikan, positifnya juga sebaiknya diuraikan atau sebaliknya.

    Terima kasih atas sarannya. FYI : Sebenarnya bagian positifnya telah saya uraikan pada tulisan sebelum publikasi, tetapi saat dipublikasi uraian positif tersebut saya hapus. Pada saat itu saya berpikir, kalau uraian positif itu juga disertakan, mungkin akan banyak orang yang menganggap tulisan saya ini sebagai promosi Anne Ahira. Oleh karena itulah saya hapus uraian positif itu.

    Dan kalau sekarang saya pikir lagi, jika bagian positif tidak diuraikan, mungkin akan banyak orang juga yang menganggap tulisan saya ini sebagai anti Anne Ahira. Hahahaha😀 :O

    Baiklah, lebih baik saya menulis lagi uraian positifnya, sehingga akan lebih adil🙂 Dan tulisan yang telah publikasi di Colors of Johohoho ini akan segera diperbaharui. Terima kasih telah mengingatkan.

    Negatif 1; Ann* Ahi*a memang bukan ahlinya IT dan kesalahan itu hal yang wajar, setiap orang melakukan kesalahan. Bagi anda yang merasa ahlinya adalah tugas anda untuk membernakannya.

    E-marketing itu berhubungan erat dengan internet dan beberapa bagian tentang IT, maka setidaknya seorang e-marketer harus juga menguasai beberapa hal tentang internet dan IT yang berhubungan dengan marketing/e-marketing. Tetapi memang benar, untuk menjadi seorang e-marketer tidak harus ahli IT, siapapun orangnya dengan latar belakang pendidikan apa saja bisa menjadi e-marketer. Dan saya pun tidak mengatakan untuk menjadi seorang e-marketer haruslah ahli IT. Lalu kenapa saya menyebutkan negatif 1 pada AA itu adalah ia bukan ahli IT?

    Ini karena : a. Posisi AA sebagai pengajar internet marketing di AB (walau seorang pengajar e-marketing juga tidak harus ahli IT, tetapi sebagai pengajar ia harus bisa mempertanggung-jawabkan apa yang ia sampaikan/ajarkan).
    b. Ini berhubungan dengan negatif 3 dan Omake 1.
    c. Mengingatkan pembaca bahwa : karena AA ini bukanlah ahli IT maka saran-saran tentang IT yang disampaikannya belum tentu terbaik/benar. Sehingga jika seseorang menjadi ABers dan mendapatkan suatu materi yang AA memberikan sarannya tentang IT, maka ABers tidak langsung menerima sarannya, ABers bisa membandingkan sarannya tersebut kepada yang lebih ahli. Jika memang baik/bagus/benar, sarannya boleh dilaksanakan, tetapi jika ternyata kurang/tidak bagus atau ada yang lebih baik maka ABers tidak perlu menerima sarannya itu.

    Lalu benar bahwa kesalahan itu wajar dan setiap orang melakukan kesalahan. Kita semua memang tidak sempurna dan selalu berbuat kesalahan. Tapi, bagaimana AA bisa dikoreksi kesalahannya oleh orang lain yang lebih ahli, jika modul yang ia buat itu sifatnya tertutup dan hanya untuk ABers? Padahal banyak orang ahli yang tidak dapat menyempatkan dirinya (plus rela membayar biaya bulanan) menjadi ABers.

    Negatif 2; Saya seringa baca eb**k2 luar negeri dari berbagai IM kelas dunia.. merekapun sama saja. Menulis ebook tidak harus formal, bahkan seringkali mereka menyarankan bahwa menulis eb**k itu sebaiknya seperti anda berbicara pada teman anda.

    Menulis tulisan memang ada banyak cara, ada yang formal, dan ada yang informal. Manakah yang lebih baik antara tulisan formal dengan tulisan informal? Dua-duanya baik dan disesuaikan dengan keinginan si penulis, materi tulisan, dan target pembaca.
    Tidak setiap orang menyukai tulisan formal, dan tidak setiap orang menyukai tulisan informal. Dan ada juga orang yang suka membaca tulisan formal maupun informal. Oleh karena itu tidak mutlak kebenaran pendapat yang mengatakan bahwa tulisan informal itu lebih baik daripada tulisan formal, dan sebaliknya. Lalu, walaupun tulisan itu bergaya informal, tetapi jika ada suatu bagian (apalagi saduran) yang memang perlu dituliskan sumber tulisan tersebut, maka referensi itu tetap bisa ditulis baik pada pembahasan tulisan (menyebut langsung ketika membahas, atau dengan catatan kaki) maupun akhir pembahasan (catatan akhir atau daftar pustaka).

    Saya pernah baca buku (cetak maupun digital) tentang e-marketing dan gaya penulisannya formal (tidak masalah bagi saya membaca tulisan formal untuk masalah e-marketing). Pada bagian awal dijelaskan beberapa hal yang rinci tentang IT, terutama Internet. Setelah itu dijelaskan tentang cara e-marketing dsb. Jadi tidak semua e-marketer itu membuat dan menyarankan (untuk membuat) buku dengan cara informal.

    Hati2! ada yang disebut priv*te l*bel ar*tcle.. (bisa berupa hasil wawancara atau tips, dll). Kita beli sebuah artikel PLA dan artikel itu boleh kita klaim sebagai tulisan kita, tentu dengan aturan2 tertentu.

    Mirip-mirip dengan ghost writer ya..? Hmm… saya tidak tahu pendapat Anda, tetapi kalau pendapat saya mengenai ini adalah : salah satu ciri penulis yang baik adalah penulis itu menulis tulisannya sendiri (kalau penulisnya tim maka menulisnya juga rame-rame atau bagi tugas🙂 ).

    Pendapat saya tentang Omake 1:….(dan sampai akhir)

    Bagian Omake itu memang tujuannya untuk didiskusikan. Nantinya, para pembaca bisa menilai sendiri omake-omake yang telah saya tulis itu apakah bisa diterima (positive) atau tidak (negative).
    Saya tidak mengatakan bahwa melakukan upsale itu tidak boleh. Boleh, tentu saja boleh. Tetapi Omake 1 ini berkaitan dengan negatif 1 dan negatif 3 (lihat tanggapan saya pada negatif 1 sebelumnya).

    Ok, terima kasih banyak untuk tanggapan Kevin Hsu. (Wah..Colors of Johohoho dikunjungi artis luar negeri🙂 hehehe)

  7. 7 Yusuf May 26, 2008 at 1:15 pm

    mau tanya, apakah ada yang sukarela untuk membagikan e-book dari asianbrain.com? kalau ada saya sangat senang, karena saya belum punya modal untuk membelinya. Boleh dikirimkan ke yusufbrb@yahoo.com

    Makasih

  8. 8 Yusuf KS May 31, 2008 at 9:52 am

    @yusuf brb :
    Kalau Anda ingin e-book gratis tentang e-marketing, maka Anda perlu mencarinya di Internet, ada kok! Atau Anda dapat mempelajarinya via forum / milis tentang e-markting dengan gratis, baik yang berbahasa Indonesia maupun Inggris.

    Tapi kalau Anda ingin modul Asian Brain secara gratis, maka itu sulit karena walau bagaimanapun modul Asian Brain itu sifatnya tertutup bagi orang umum (modulnya khusus untuk Asian Brainers). Jika Anda dapat menemui Asian Brainers yang kecewa dengan Asian Brain, maka Anda bisa meminta modul itu kepada mereka, dan mungkin saja mereka dapat memberikannya. Masih mungkin lhoo…coba Anda baca kembali conclusion / kesimpulan tulisan saya ini sehingga Anda tidak berpikiran untuk mendapatkan modul Asian Brain secara gratis lagi.

  9. 9 HERMANSYAH September 10, 2008 at 12:36 pm

    mau gabung gmn caranya
    untuk bisa kunsultasi lebih lanjut
    terima kasih

  10. 10 Yusuf KS September 13, 2008 at 10:49 pm

    @ Hermansyah :
    Anda mau gabung ke mana? Kalau Anda mau gabung ke Asian Brain (AB), silakan cek ke http://www.asianbrain.com

    Jika Anda ingin bergabung ke AB, jangan lupa bahwa pendapat atau saran dari AB tidaklah mutlak harus diterapkan, Anda perlu membandingkan dengan pendapat orang lain yang juga ahli di bidang masing-masing.

  11. 11 jap verry March 24, 2009 at 9:10 am

    Terimakasih mas Yusuf KS, karena blog anda, malah membuat saya penasaran untuk ikut asian brain. sekarang saya sudah mulai menghasilkan “uang jajan” dari hasil ajaran ibu guru ahira.

    thx anyway…

  12. 12 Yusuf KS March 27, 2009 at 7:41 am

    Terima kasih kembali. Walhamdulillah. Semoga setiap orang yang mempelajari internet marketing (atau ilmu lain pada umumnya) secara serius dan sungguh-sungguh, baik melalui belajar di Asian Brain, belajar di pendidikan formal, belajar melalui sumber-sumber gratis di Internet, dsb, dapat mempraktekkan dengan baik&benar apa yang telah dipelajarinya dan dapat meraih keinginan/kesuksesan yang ingin dicapainya.

    YKS.

  13. 13 Rahmat August 28, 2009 at 1:50 am

    Saya pernah jadi member selama 1 tahun. Pendapat jujur saya:

    Positif:
    Asian Brain bagus untuk pemula.

    Negatif:
    1. Member asian brain 2.000 lebih? Ini yang tidak dimengerti banyak orang apalagi pemula. Apabila ada member yang keluar dari asian brain maka namanya akan tetap ‘menempel’ di daftar member forum, maka angka yang anda lihat di jumlah member forum tidak akan pernah berkurang tapi akan bertambah kalau ada member baru. Jadi sebenarnya member asian brain yang masih aktif tidak sebanyak itu. Perkiraan saya hanya sekitar 500-600 orang (hal ini bisa dikatakan sebagai ‘angka yang menyesatkan’).
    2. Ibu guru Anne Ahira terlalu sangat menggampangkan semuanya. “Mudah, mudah dan mudah”. Memang dia bilang kita harus fokus, fokus dan fokus, praktek, praktek dan praktek, tapi saya berani mengatakan dalam jangka waktu 1 tahun pun anda belum tentu bisa mencapai apa yang dia ajarkan. Menurut saya, member asian brain yang sudah bisa berpenghasilan tetap dari internet adalah mereka yang sudah lama menjalankan IM sebelum gabung asian brain atau minimal 1 tahun.
    Saya baca di banyak blog, asian brain mengadakan tantangan 120 hari berpenghasilan $100 perhari. Bukannnya pesimis tapi saya berani mengatakan hal ini TIDAK MASUK AKAL, karena metoda yang digunakan adalah menggunakan free traffic yang notabene belum tentu tertarget. Pakai Adwords saja sangat sulit mencapai hal ini, itupun kita harus keluar biaya. Kalau memang ada yang bisa berhasil dalam tantangan 120 hari ini mohon saya dikabari dan kalau bersedia ditulis di blog ini supaya saya sadar akan kesalahan saya.
    3. Team support sangat tidak professional (setidaknya waktu saya masih bergabung disana). Semua pertanyaan memang dijawab tetapi tidak semua sesuai yang ditanyakan. Kadang malah terlihat ngelantur dan hanya ditujukan agar si penanya merasa diperhatikan. Ujung2nya saya harus googling sendiri untuk cari informasi. Bahkan ada yang bersifat critical dan tidak segera ditangani dengan alasan ‘masalah teknis dari server’. LUAR BIASA!!

    Kesimpulan:
    Kalau masih awam dan ingin belajar, asian brain bisa jadi alternatif, tapi setelah bulan ke 6/sesudah semua modul didapat, lebih baik belajar dari luar, karena setidaknya waktu saya masih aktif, saya pernah mengalami tidak adanya tambahan materi selama 4 bulan, padahal tiap bulan terus membayar 200 ribu. Kalau cuma untuk dapat gabung di forum rasanya terlalu disayangkan karena isinya juga banyak member yang baru. Member senior tidak selalu harus meluangkan waktu , apalagi mengajarkan trik2 jitu mereka, dan hal ini sangat bisa dimaklumi.

  14. 14 maesya June 14, 2010 at 10:49 pm

    salah satu orang tidak tau tapi sok tau..apa yg anda bisa ??
    apa yang telah anda buat ??

    AHIRA salah satu aset di negeri ini & sudah di akui dunia..berikan ilmu anda walau satu huruf, setidaknya Ahira sudah banyak membuka wawasan bagi banyak orang

    daripada sibuk berkomentar, lebih baik anda2 burung beo berkaca & mulai melakukan hal positif bagi banyak orang

    • 15 kisenda July 10, 2010 at 8:03 am

      Hallo mb’ maesya . . wah2 sepertinya “terbakar” …

      Ya, saya juga muridny.. dan masih sampai sekarag . .
      Iya, bergaul dengan Asian Brain . . membuka wawasan tetang “Oh, ternyata Internet ini ‘Gudangny’.. Orang untuk sharing segala hal” hmm, Ilmu yang positif sampai yang “konsumsi orang cukup umur” pun ada..

      Wesss.. pokok e ” Buku-buku fisik ” berubah bentuk dan.. PERPUSTAKAAN DUNIA ny di Dunia Cyber..

      wyuuhuuuu…

      Thanks 4 this Quote
      “berkaca & mulai melakukan hal positif bagi banyak orang”

  15. 16 maesya June 14, 2010 at 10:55 pm

    Penulis seperti anjing yang sedang menggonggong karna kelaparan, karna tidak punya makan..
    kasian,
    saya sempat 3 bulan menjadi member asian brain..sangat bermanfaat sekali, namun karna berbagai kesibukan saya tidak sempat lagi belajar

    cepat tobat pa, neraka menanti anda

  16. 18 hasanman November 26, 2010 at 2:39 pm

    luar biasa, infonya begitu detail.. gak terasa ya hampir 4 tahun comment tsb menghiasi blog ini smoga infonya bermanfaat untuk semuanya..

  17. 19 IM Tool Murah January 20, 2011 at 7:38 pm

    Ikutan Asian Brain … Bgaus tuh … kalo ente ada uang dan ada waktu untuk folus dengan Asian Brain. Kalo nggak ada dua syarat tuh, mending jangan deh … jaminan bakal putus asa. Asian Brain bukan sulapan, tapi kerja keras dan fokus..fokus…fokus…fokus…fokus… hehehehehe

    Butuh alat internet marketing seperti di modul asian brain ?
    Kesini aja imtoolmurah.blogspot.com
    MURAH…MURAH

  18. 20 kely February 27, 2011 at 10:17 am

    kalau aku sich lebih enak belajar sama anne daripada browsing – browsing internet marketing cuma ngabisin biaya n waktu. kalau di anne kan sudah terprogram. kalau masalah kekayaan dia atau orang tuanya buat apa diurusin itu kan urusan mereka. yang paling penting buat akuadalah bagaimana belajar internet marketing secara terarah dan terprogram daripada cari sendiri lewat internet.

  19. 21 resepku March 20, 2011 at 4:27 pm

    skilas inpo gan…
    ada yg jelek2in asian brain tuh
    udah tak laporin k om google kok g d banned ya?
    blognya bisnisleaks.blogspot.com
    ayo rame2 kita serbu…

  20. 22 dewekekok May 6, 2011 at 10:24 am

    dari banyak blog yang membicarakan anne ahira (bnyak yg berapi2)…saya rasa tulisan ini cukup bernada netral..

    semua kmbali sja pada tujuan awal dri blj internet marketing…kalau hanya ingin cpat kya..y smua cara pasti dihalalkan.

  21. 23 Abu zaid June 15, 2011 at 4:15 pm

    wah tambahan ilmu lagi deh.. Thank ya.. Om – om dan tante – tante.. Yg udah sharing disini.. Sebenarnya aku juga salah satu member AB.. Tapi masih free member.. Maklum keterbatasan budget…

  22. 24 Roni December 1, 2011 at 12:29 pm

    Mbak Maesya,
    Memangnya neraka milik anda? begitu gampangnya mengkategorikan orang masuk neraka atau ga, mencaci orang dengan sebutan ga pantas lagi.
    Tulisan di sini saya rasa cukup memberi info bagi saya, karena yang ada di google banyak yang positif, terlalu bahaya jika hanya melihat positif melulu tanpa tahu resiko jeleknya, ada kata-kata bijak dari negeri sebrang ” Bahkan di hari yang terang benderang pun seseorang memerlukan kacamata hitam”, nah kalau dipikir, jalanan udah terang gini kenapa harus meredupkannya dengan memakai kacamata hitam? yah karena kita jangan sampai silau yang mengakibatkan celaka kita sendiri.
    Mau bergabung, atau tidak terserah orang perorangnya, ga ada paksaan kok.
    Mbak Maesya (entah ini nama samaran atau bukan) nama anda bagus tapi kelakuan anda jauh dari kesopanan.

  23. 25 jasa desain website murah April 10, 2016 at 11:11 am

    I am in fact pleased to read this weblog posts which includes tons of useful data, thanks for providing
    these kinds of data.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Choose Category :

Top Clicks

  • None

Blog Stats

  • 80,790 hits

Attention :

I would like you to ask permission if you want to “copy, paste and share” my work on this blog. However if you do not then please just give the credit/link.

Website Safety Reputation:
Rating for myks.wordpress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6 other followers

September 2007
S M T W T F S
« Aug   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

%d bloggers like this: