Darah Baru

Darah Baru

Penulis : Zaim Uchrowi

Eksekutif muda itu bertanya-tanya. Di usianya, ia telah mencapai banyak hal yang tak terjangkau oleh kebanyakan orang lainnya. Kariernya berjalan baik. Ekonominya lebih dari sekedar cukup. Keluarganya harmonis. Tak ada hal yang membuatnya khawatir soal diri sendiri. Namun, ia tak dapat menutup mata atas keadaan sekitarnya. Bangsa ini masih terlilit banyak masalah dan belum bangkit dari keterpurukannya. Ketidakprofesionalan, salah urus, hingga ketidakbertanggungjawaban ada di mana-mana. Mengapa itu tak terjadi di Korea Selatan misalnya?

Pertanyaan itu terus melingkar-lingkar di benaknya. Sampai kemudian ia bertemu dengan sejumlah eksekutif Korea. Para eksekutif yang digambarkannya “muda, enerjetik, dan sangat profesional”. Mereka inilah yang kini menjadi ujung tombak baru ekspansi Korea dalam bisnis dunia. Kalangan ini pulalah yang kini paling berperan dalam mengelola Korea Selatan sebagai negara. Di hadapan mereka, ia pun bertanya. “Bagaimana Korea Selatan bisa cepat bangkit dari krisis 1998?”

Hingga 1960-an, keadaan Korea Selatan praktis serupa dengan kita. Kemiskinan di mana-mana. Park Chung-hee dengan tangan besi mengubah bangsa itu. Ekonomi memang berkembang pesat. Namun, di sisi lain, Park mewariskan kekuasaan otoriter dan korup seperti digambarkan rezim Chun Do-hwan. Akhirnya, gerakan politik masif mengakhiri kekuasaan rezim lama dari Roh Tae-woo.

Ada beda mendasar perubahan politik di Korea Selatan dengan di Indonesia. Di sini, gerakan Reformasi cuma menurunkan Soeharto sebagai pemimpin tertinggi bangsa, dan mengubah sistem politik menjadi lebih demokratis. Reformasi sama sekali tidak memangkas generasi dengan pola pikir dan pola sikap lamanya. Reformasi bahkan memberi jalan pada tokoh lama dan sangat feodal untuk memimpin negara hanya karena menggunakan “label demokrasi” yang jauh dari pola pikir dan pola sikapnya sehari-hari. Paradigma lama terus berkuasa. Korupsi justru menjadi-jadi dengan format baru yang lebih teliti.

Sebaliknya di Korea Selatan. Reformasi benar-benar memangkas pola pikir dan pola sikap lama. Bangsa itu benar-benar ‘potong generasi’, yang di sini tak lebih dari wacana. Birokrat lama harus memberi tempat pada generasi baru yang lebih profesional, yang meletakkan kepentingan sendiri bukan melalui korupsi. Penyegaran dilakukan serentak. Para profesional mendapat tempat utama mengelola bangsa, juga di pemerintahan.

Kita, bangsa Indonesia ini, memerlukan penyegaran di seluruh lini. Di dalam birokrasi, di lembaga kunci seperti pendidikan dan kesehatan, juga di organisasi politik dan massa. Kita perlu pola pikir, pola sikap, dan pola tindak baru. Ini tak mungkin dilakukan tanpa ‘darah baru’ di setiap level kepemimpinan di seluruh lembaga. Terutama di birokrasi.

Kita, bangsa Indonesia ini, memerlukan Reformasi yang lebih revolusioner. Yakni, reformasi yang lebih mendasar yang menyentuh setiap aspek pengelolaan lembaga dan masyarakat dengan cara yang lebih santun dan cermat. Ini bukan mustahil dilakukan. Saya dan teman-teman dari manajemen PT Balai Pustaka (Persero) telah membuktikannya. Dalam waktu kurang dari tiga bulan, kami berhasil melakukan restrukturisasi total baik melalui perumusan visi, misi, dan budaya korporat baru maupun transformasi organisasi.

Darah baru terbukti mampu membangun spirit serta menumbuhkan profesionalitas kerja. Itu dapat diwujudkan di lembaga manapun sehingga bangsa dapat segera bangkit menjadi salah satu bangsa utama di dunia sebagaimana mestinya bangsa yang kuat beragama. Jangan pernah mau lagi jadi bangsa yang lembek, statis, feodal , dan korup seperti selama ini. Untuk itu, sekali lagi, seluruh institusi di negeri ini perlu darah baru yang dapat membawa pola pikir, pola sikap, dan pola tindak baru yang lebih benar baik menurut kaidah agama maupun profesionalitas.

p.s. Tulisan ini dikutip sepenuhnya dari Resonansi Republika Jumat 7 September 2007 oleh Zaim Uchrowi. Ditulis ulang oleh YKS tanpa mengubah isi tulisan tersebut.

0 Responses to “Darah Baru”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Choose Category :

Top Clicks

  • None

Blog Stats

  • 80,790 hits

Attention :

I would like you to ask permission if you want to “copy, paste and share” my work on this blog. However if you do not then please just give the credit/link.

Website Safety Reputation:
Rating for myks.wordpress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6 other followers

September 2007
S M T W T F S
« Aug   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

%d bloggers like this: