Kembali ke Makna Idul Fithri yang Sebenarnya

Kembali ke Makna Idul Fithri yang Sebenarnya

 

Idul Fithri berasal dari dua kata, yaitu Iid dan Fithri. Iid (عيد) secara bahasa berarti kembali, dan juga bisa berarti hari raya. Fithri (فطر) secara bahasa berarti membuka/membelah dan bisa juga berarti fithrah-fithrah karena fithri bisa merupakan bentuk jama (banyak/plural) dari fithrah (فطرة). Sedangkan fithrah memiliki banyak pengertian antara lain suci, kejadian asli, agama, Islam, dan tabiat.

 

Secara istilah, Idul Fithri memiliki dua makna :

  1. Kembali kepada berbuka atau hari raya berbuka.

  2. Hal ini disebabkan selama sebulan umat Islam diwajibkan shaum, menahan dari hal-hal yang membatalkan puasa dari fajar hingga terbenam matahari, sehingga pada hari Idul Fithri umat Islam kembali berbuka (tidak shaum Ramadhan lagi sebagaimana pada 11 bulan lainnya).

  3. Kembali kepada fithrah-fithrah.

    Umat Islam yang telah menjalankan Ibadah shaum pada bulan Ramadhan pada hari Idul Fithri akan kembali kepada fithrah-fithrahnya.

 

Makna Idul Fithri yang manakah yang lebih tepat, apakah makna kembali berbuka atau kembali ke fithrah-fithrah? Sebagian ada yang memilih kembali berbuka, dan sebagian lagi ada yang memilihkembali kepada fithrah-fithrah.

 

Menurut penulis, kedua makna itu sebenarnya bisa digabung. Sehingga Idul Fithri memiliki makna dari sisi lahir/fisik dan makna dari sisi jiwa. Makna Idul Fithri dari sisi lahir/fisik adalah kembali berbuka atau hari raya berbuka, sedangkan makna Idul Fithri dari sisi yang lebih dalam (jiwa) adalah kembali kepada fithrah-fithrah.

 

Nur Faizin Muhith memberikan penjelasan makna Idul Fithri [dari sisi jiwa] yang sangat bagus, yaitu “Idul Fithri berarti kembali pada naluri kemanusiaan yang murni, kembali kepada keberagamaan yang lurus, dan kembali dari seluruh praktik busuk yang bertentangan dengan jiwa manusia yang masih suci. Kembali dari segala kepentingan duniawi yang tidak Islami.” (Sumber : Opini Republika 10 Oktober 2007 berjudul “Makna Idul Fithri”).

 

Sehingga orang-orang yang mengerti tentang makna Idul Fithri tidak hanya akan beribadah, berbuat kebaikan dan meninggalkan kemaksiatan di bulan Ramadhan saja, tetapi mereka akan terus melakukan fithrah-fithrah tersebut di 11 bulan yang lainnya. Beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, berbuat kebaikan, meninggalkan maksiat, melawan syaithan dan melawan hawa nafsu yang buruk memang harus dikerjakan setiap saat, tidak perlu menunggu suatu musim atau bulan saja.

 

Semoga kita lebih memahami makna Idul Fithri, kemudian mau menjalankan fithrah-fithrah manusia dengan sebaik-baiknya, setiap tahun, setiap bulan, setiap hari, setiap saat. Amiin.

 

 

Yusuf KS (Taqabbalallaahu Minnaa Wa Minkum).

 

Web Blog : https://myks.wordpress.com

Link this article :

https://myks.wordpress.com/2007/10/14/kembali-ke-makna-idul-fithri-yang-sebenarnya/

PDF Version :

http://www.kakikaku.com/yks/articles/makna_idul_fithri.pdf

1 Response to “Kembali ke Makna Idul Fithri yang Sebenarnya”


  1. 1 elmubarok September 19, 2009 at 9:14 am

    Makna no.1 kynya semua orng bisa. klo yg no.2 tu yang istimewa.
    setelah berpuasa moga2 kita benar2 fitrah,
    Suci di hari yang fitri,, minal a’idzin walfaidzin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Choose Category :

Top Clicks

  • None

Blog Stats

  • 80,790 hits

Attention :

I would like you to ask permission if you want to “copy, paste and share” my work on this blog. However if you do not then please just give the credit/link.

Website Safety Reputation:
Rating for myks.wordpress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6 other followers

October 2007
S M T W T F S
« Sep   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

%d bloggers like this: