Tidak setiap yang berbahasa Arab itu identik dengan Islam

Tidak setiap yang berbahasa Arab itu identik dengan Islam

Penulis : Yusuf KS

 

Banyak orang beranggapan bahwa bahasa Arab itu identik dengan Islam. Setiap kata berbahasa Arab yang mereka lihat akan mereka anggap sebagai bagian dari Islam (bahkan yang lebih parah adalah menganggapnya dari Al-Qur’an). Orang-orang yang menggunakan bahasa Arab dianggap sebagai orang hebat/alim/ulama/ustadz. Bahkan ketika mereka mendengar lagu/nyanyian/nasyid berbahasa Arab, juga akan mereka anggap merupakan nyanyian Islami. Padahal, mereka hanya melihat luarnya saja (kata/tulisan/nyayian yang berbahasa Arab) tanpa mereka ketahui arti dari kalimat berbahasa Arab tersebut

 

Anggapan itulah yang perlu dihilangkan oleh kita semua. Bahasa Arab memang merupakan salah satu faktor untuk dapat memahami agama Islam, tetapi hal tersebut tidak membuat bahasa Arab identik dengan Islam. Bahasa Arab tetaplah merupakan salah satu bahasa yang digunakan di bumi ini, yang memiliki fungsi dasar yang sama dengan bahasa lainnya yaitu untuk berkomunikasi.

 

Isi dan makna bahasa Arab yang digunakan tergantung dari para penggunanya. Jika penggunanya memakai untuk membicarakan masalah dunia, maka isinya tentu tentang dunia. Jika penggunanya memakai untuk membicarakan masalah agama Islam, maka isinya tentang agama Islam. Dan begitu seterusnya.

 

Berhati-hatilah ketika menemukan suatu kalimat yang menggunakan bahasa yang tidak dimengerti. Jika Anda menemukan suatu kalimat bahasa Arab yang tidak dimengerti, jangan langsung beranggapan bahwa itu merupakan kalimat dari Islam, karena bisa saja isi kalimat itu malah sebaliknya (bertentangan dengan Islam).

 

Berikut ini akan penulis berikan beberapa contoh kalimat bahasa Arab yang tidak berhubungan dengan Islam.

 

 

K. Contoh yang bertentangan dengan Islam :

يسوع هو الأقنوم الثاني من الثالوث الأقدس و كلمة الله

 

Jangan tertipu dengan kalimat di atas, walaupun terdapat kata Allah pada kalimat tersebut ternyata isi kalimat itu sangat bertentangan dengan aqidah Islam. Sebagai informasi tambahan, kalimat tersebut penulis ambil dari kamus bahasa Arab yang sangat terkenal di Indonesia, termasuk digunakan bagi banyak pesantren sebagai rujukan utama dalam bahasa Arab mereka.

 

L. Contoh berikut ini cukup menarik [bagi para sukebe hehehe], contoh ini bisa dilihat di beberapa siaran TV luar negeri :

 

أر يد أن أتكلم معك

فتيات تنتظر أن تغر يهم الآن !! إتصل !!

6998080

فتيات تنتظرك على الهاتف!!

 

6998080 adalah nomor karangan penulis. Bagi yang mengerti kalimat di atas kemudian tertarik (yang tertarik berarti sukebe hehehe), maka jangan menghubungi nomor tersebut karena nomor itu entah nyambung atau tidak (belum pernah dicoba), yohohoho…!! Resiko [salah sambung] bagi para sukebe yang menghubungi nomor tersebut bukan merupakan tanggung jawab penulis.

 

M. Contoh berikut ini sangat aneh. Penulis tidak mengerti kalimat berikut ini :

 

سيسيسي سيتيس سيهعق شضص صررغعفلصضج صهثص صفغهخحن يسنبيسكاج ولاةل كل لا لالالا يهاهاهاهاهاها

 

Kalimat tersebut jelas bukan dari Islam, bukan juga bertentangan dengan Islam, dan bukan juga dari suatu siaran TV di luar negeri, melainkan merupakan kalimat asal-asalan yang penulis tulis (YAHAHAHAHA…!!!). Tidak ada yang bisa mengerti kalimat di atas termasuk penulis (wajar saja, penulis juga menulisnya dengan asal). Jika suatu saat Anda melihat tulisan ga jelas bin ajaib bin aneh seperti itu di dunia nyata, kemungkinan besar ia merupakan dukun yang memakai kata-kata ga jelas untuk melakukan prakteknya hehehe.

 

 

Jadi bagaimana untuk mengetahui suatu kalimat bahasa Arab itu berisikan tentang Islam atau bukan? Jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan tersebut adalah mempelajari bahasa Arab dengan baik dan benar sehingga dapat memahami/menggunakan bahasa Arab. Alternatif lainnya selain mempelajari bahasa Arab adalah mencari terjemahnya, mencari arti kata-kata tersebut di kamus bahasa Arab ke bahasa Indonesia atau bertanya kepada orang yang mengerti bahasa Arab [dan jujur (kalau tidak jujur bisa saja Anda dibohongi artinya olehnya]. Tetapi, mempelajari bahasa Arab tetap merupakan cara yang terbaik!!

 

 

Kesimpulan :

  1. Bahasa Arab memang merupakan salah satu faktor untuk dapat memahami Islam.

  2. Walau begitu, bahasa Arab tidak identik dengan Islam. Isi bahasa Arab tergantung kepada penggunanya.

  3. Mempelajari bahasa Arab merupakan cara terbaik untuk dapat memahami bahasa Arab.

  4. Anggapan bahasa Arab identik dengan Islam harus dihilangkan dari benak kita.

  5. Untuk memahami bahasa asing, maka pelajarilah bahasa asing tersebut. Jangan cepat beranggapan baik terhadap suatu kalimat bahasa asing yang tidak dimengerti sebelum kita dapat memahaminya.

 

 

Yusuf KS

Weblog : https://myks.wordpress.com

Link this Article :

https://myks.wordpress.com/2007/11/27/tidak-setiap-yang-berbahasa-arab-itu-identik-dengan-islam/

PDF Version :

http://www.kakikaku.com/yks/articles/tidak_semua_bahasa_arab.pdf

 

Info :
Pada artikel Terminology berikutnya penulis akan jelaskan tentang “Kamus Bahasa Arab”, Insya Allah.

0 Responses to “Tidak setiap yang berbahasa Arab itu identik dengan Islam”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Choose Category :

Top Clicks

  • None

Blog Stats

  • 80,790 hits

Attention :

I would like you to ask permission if you want to “copy, paste and share” my work on this blog. However if you do not then please just give the credit/link.

Website Safety Reputation:
Rating for myks.wordpress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6 other followers

November 2007
S M T W T F S
« Oct   Dec »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

%d bloggers like this: