Menyalurkan hobi membaca dengan aktif di Goodreads

Aktif di Goodreads? APAAN TUH (diucapkan dengan gaya ninja Jajamaru Jaja Miharja hehehehe :D)?

Bagi yang belum tahu, Goodreads adalah situs web katalog sosial daring (online social catalogue), lebih spesifiknya: katalog buku. Ada banyak katalog buku (lebih dari 78 juta) di Goodreads, baik buku lama maupun yang baru, dari berbagai judul, penulis dan penerbit dari berbagai belahan dunia. Jadi Anda bisa mengetahui buku berbagai macam buku di Goodreads, bagi yang suka mengikuti perkembangan buku baru lokal maupun internasional, cukup banyak buku baru yang bisa Anda ketahui di sana. Bagi yang suka membaca buku digital (e-book), Anda bisa membaca sebagian buku digital yang tersedia di Goodreads, baik yang hanya diperbolehkan dibaca secara online, maupun yang diperbolehkan diunduh ke media penyimpanan kita.

FYI: Buku digital dari sisi legalitas ada yang legal maupun yang illegal. Untuk saat ini saya tidak ingin menjelaskan masalah ini secara lebih detil, saya hanya sedikit menyinggungnya dengan Goodreads. Sebagian buku digital di Goodreads yang diperbolehkan diunduh, sebagiannya legal, tapi sebagian lagi tidak jelas legal atau tidaknya, dan ada juga yang illegal. Manfaatkanlah buku digital sesuai dengan kebutuhan Anda dengan tidak melupakan prinsip adab/moral yang Anda miliki.

Di antara hal menarik lainnya di Goodreads adalah Anda dapat membuat suatu daftar buku apa saja yang sudah Anda baca, yang juga dilengkapi dengan adanya fitur pemberian review/resensi dan nilai. Anda juga dapat menginformasikan buku apa yang sedang Anda baca dan bagaimana prosesnya, ini sedikit mirip update status pada Facebook😀

Review/resensi buku tentang suatu buku berasal dari anggota-anggota Goodreads yang telah membaca buku tersebut dan meluangkan waktu menulis resensinya. Resensi ini sangat berguna, karena kita bisa sedikit banyak mengetahui tentang buku yang sedang dibahas, apakah buku tersebut dapat membuat kita tertarik atau tidak, dan juga bisa sedikit memperkirakan apakah buku itu bagus atau tidak menurut kita. Tentu apa yang ditulis oleh seseorang di suatu resensi bersifat relatif, karena bisa saja seseorang menganggap suatu buku itu bagus, tetapi orang lain menganggapnya tidak bagus, minimal itu bisa kita jadikan deksripsi awal tentang buku yang belum kita baca, juga bisa dijadikan sebagai perbandingan dengan resensi orang lain atau resensi yang akan kita buat sendiri nantinya.

Tidak semua orang sempat menulis resensi suatu buku, oleh karena itu sebagian anggota Goodreads merasa cukup dengan menilai buku tersebut, yaitu dengan memberi bintang yang skalanya mulai dari 1 sampai 5. Manfaat pemberian nilai tanpa memberikan ulasan memang tidak sebesar manfaat yang ada ulasannya, tapi minimal itu bisa kita jadikan informasi bagaimana rata-rata anggota Goodreads menilai buku tersebut, apakah lebih banyak yang menilainya sebagai buku bagus atau buku tidak bagus. Oh ya, jika Anda mau, Anda dapat bertanya kepada orang yang memberi nilai suatu buku, misalnya alasan kenapa memberi nilai jelek/bagus, yaitu dengan menanyakannya melalui komentar di bawah penilaiannya. Itu bisa menjadi pancingan supaya dia memberikan ulasan dan alasan penilaian buku tersebut.

Seperti Facebook, di Goodreads juga ada fitur suka. Jika Anda menyukai suatu resensi, komentar, Anda bisa klik tombol suka. Untuk menyukai penulis buku juga bisa Anda lakukan, dan hasilnya Anda akan menjadi fans penulis tersebut. (Out of topic : untuk Facebook sebenarnya saya sangat mengharapkan ada fitur benci atau tidak suka, seperti fitur yang ada pada Youtube. Jika ada, maka Facebook akan semakin menarik hehehehe).

Hal yang menarik lainnya adalah Anda juga bisa menjadi pustakawan Goodreads (Goodreads librarian), jika Anda mau dan jika Anda disetujui oleh Goodreads. Jika Anda menjadi pustakawan Goodreads, maka Anda bisa menambah data buku baru, edit data suatu buku, menggabungkan buku judul yang sama edisi yang berbeda, dan lain-lain. Tentunya untuk melakukan hal tersebut Anda diharuskan tahu buku tersebut, jangan sampai Anda memasukkan masukkan data yang keliru. Untuk mengetahui lebih banyak tentang pustakawan Goodreads, Anda dapat membaca pedoman pustakawan Goodreads yang berisi informasi dan peraturan pustakawan.

Di Goodreads juga ada forum/grup tentang suatu hal yang bisa dijadikan ajang interaksi sosial antar sesama anggota Goodreads. Di sana Anda bisa saling mengenal, saling menyapa, diskusi tentang suatu hal, dan lain-lain.

Fitur standar seperti pesan juga ada di Goodreads. Jika ada yang ingin disampaikan/ditanyakan secara lebih pribadi kepada anggota Goodreads, fitur pesan ini bisa digunakan. Bahkan fitur ini juga digunakan oleh admin/aktivis forum/grup yang ada di Goodreads untuk menyampaikan suatu informasi massal kepada anggotanya.

Jika Anda mempunyai teman yang mempunyai akun di Goodreads, atau jika Anda menemukan anggota Goodreads yang membuat Anda tertarik ingin jadi temannya, Anda bisa menambahkannya ke daftar teman Anda di Goodreads. Jika Anda menemukan anggota Goodreads yang resensinya Anda anggap bagus, dan Anda belum/tidak ingin menambahkannya ke daftar teman, Anda bisa mengikuti update terbarunya dengan menjadi pengikutnya (follower).

Itulah sebagian yang dapat saya sampaikan mengenai Goodreads. Oleh karena itu, kini jika ada teman saya yang saya ajak gabung ke Goodreads lalu bertanya tentang Goodreads, saya bisa menganjurkannya untuk membaca artikel ini (supaya tidak mengulang penjelasan :D)🙂

Jika ada fitur di Goodreads yang membuat Anda tertarik, Anda bisa coba bergabung dan akif di Goodreads. Apalagi jika Anda hobi membaca, Anda bisa menyalurkannya dalam bentuk lain di Goodreads, entah itu memberitahu buku apa yang sudah Anda baca, buku apa yang sedang Anda baca, menulis resensi, memberi nilai, diskusi grup, atau hal lainnya.

Saya sendiri baru gabung dan aktif di Goodreads sejak Oktober 2011. Saya menyukai banyak fitur yang ada di Goodreads, terutama resensi. Saya suka menulis resensi buku yang sudah saya baca, saya juga suka membaca resensi buku yang ditulis oleh orang lain yang sudah membacanya.

Sebagian buku yang sudah saya baca, sudah saya sempatkan menulis resensinya di Goodreads. Masih ada sebagian buku yang sudah baca tapi saya belum sempat menulis resensi, juga masih ada banyak buku yang belum saya baca dan mungkin akan saya baca suatu saat yang mungkin akan saya sempatkan menulis resensinya nanti. Untuk resensi yang sudah saya tulis, jika Anda tertarik ingin membacanya, Anda bisa membacanya dengan mengakses akun Goodreads saya. Dengan menulis resensi, selain untuk mengeluarkan pendapat saya tentang suatu buku, saya juga mengharapkan bahwa resensi yang saya tulis juga bisa bermanfaat untuk pembacanya, memberikan sedikit deskripsi tentang buku tersebut, apalagi jika dapat menjadi bahan pertimbangan pembaca resensi dalam membaca suatu buku. Sebagaimana saya mendapatkan manfaat dengan membaca resensi orang lain, saya juga ingin melakukan sesuatu yang semoga dapat bermanfaat untuk orang lain.

Ayo memaksimalkan hobi membaca kita!

Yusuf KS
akun Goodreads : goodreads.com/yusufks


p.s. Sebagai perbandingan, Anda juga dapat mengakses web yang sejenis dengan Goodreads, seperti aNobii, BookArmy, LibraryThing, dan Shelfari. Dalam beberapa hal, saya bukan orang yang mengikuti gerakan non-blok, jadi kalau saya sudah suka sesuatu, maka saya akan loyal dengan hal tersebut, begitu sikap saya terhadap Goodreads, sebagaimana sikap saya yang lebih menyukai Facebook dibandingkan Twitter, GooglePlus, Plurk, dsj😀.

p.p.s. Mungkin suatu saat nanti, saya akan menyusun ulang resensi yang sudah saya buat di Goodreads menjadi suatu tulisan berisi kumpulan resensi suatu tema di blog ini.

7 Responses to “Menyalurkan hobi membaca dengan aktif di Goodreads”


  1. 1 Arif February 23, 2013 at 12:59 pm

    Siip makasih…buat infonya
    oh ya.semua buku.di goodreads bahasa inggris ya ?
    ada referensi nggak untuk website.yg sama tp lokal. ?

  2. 2 Yusuf KS February 24, 2013 at 8:04 am

    Kalau yang Anda maksud katalog buku yang bisa direview, dirating, diadd, dsj berbagai buku dengan berbagai bahasa dari manca negara sudah banyak yang ada di Goodreads.

    Tapi kalau yang Anda maksud adalah e-book yang bisa didownload, maka kebanyakan e-book yang bisa baca online/didownload di Goodreads adalah buku berbahasa Inggris dan beberapa bahasa asing lainnya. E-book lokal bahasa Indonesia juga ada di Goodreads, tapi masih sedikit.

    Sedangkan website sejenis Goodreads yang khusus atau banyak e-book bahasa Indonesia, maka saya belum tahu ada atau tidaknya.

  3. 3 badiacoolonline April 9, 2013 at 9:10 pm

    Halo mas yusuf kebetulan setelah saya buka goodreads.com saya jadi hobby baca buku
    fitur yang paling saya suka di goodreads adalah kita bisa share dengan teman difacebook tentang buku yang sedang atau yang sudah saya baca

    • 4 Yusuf KS April 21, 2013 at 9:20 am

      Halo mas badia. Iya betul, di goodreads juga ada fitur share dengan teman facebook, bahkan kalau mau bisa diatur supaya apa yang dilakukan di goodreads otomatis terlihat di timeline facebook. Bagus sekali yaa jadi lebih suka membaca buku karena goodreads. Selamat membaca!

  4. 5 ariya April 20, 2013 at 8:05 pm

    cara bacanya gmana gan.. bingung.. hhe

    • 6 Yusuf KS April 21, 2013 at 9:24 am

      manfaatkan fitur search kalau mau membaca buku digital (e-book), jika ketemu judul yang dicari dan tersedia versi digitalnya, maka baca secara online atau unduh. Jika tidak ada versi digitalnya maka harus baca versi cetaknya dengan cara membeli, meminjam, atau baca di perpustakaan, lalu share komentar atau penilaian Anda tentang buku tersebut di goodreads.

  5. 7 kristin November 2, 2013 at 2:51 pm

    cara lihat bukunya bisa dibaca online atau diunduh gimana ya??


Leave a Reply

Choose Category :

Top Clicks

  • None

Blog Stats

  • 80,790 hits

Attention :

I would like you to ask permission if you want to “copy, paste and share” my work on this blog. However if you do not then please just give the credit/link.

Website Safety Reputation:
Rating for myks.wordpress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6 other followers

March 2012
S M T W T F S
« Nov   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

