Review Huawei EC1261-2 Smartfren

Intro

Sudah lama rasanya saya tidak menulis tulisan yang berkaitan dengan IT, seperti biasa faktor “kesibukan” + “kemalasan” + “belum dapat inspirasi” jadi ksatria kambing hitam. kali ini saya akan menulis tulisan baru berupa review modem CDMA EVDO. Seperti review saya yang lain, review yang saya buat ini juga independen, bukan merupakan paid-review, bukan iklan/promosi terselubung, bukan pula tulisan berisi cacian atau mencemarkan nama baik pihak lain. Review ini hanyalah penilaian saya tentang produk yang sudah saya pakai, yang saya tidak malu menyebut nama produk, serta kelebihan maupun kekurangannya secara jelas.

Why I review this?

Modem USB sudah populer sejak beberapa tahun yang lalu, walau begitu pada awalnya saya tidak terlalu memerhatikan perkembangan modem USB karena saya sudah merasa cukup dengan koneksi internet yang ada di rumah dan kantor, keduanya menggunakan Telkom Speedy. Di rentang waktu tersebut saya sempat mencoba beberapa modem USB, yang itu bukanlah milik saya melainkan milik teman atau klien saya. Kebetulan semua modem yang saya coba adalah modem GSM, saya hanya mengingat sebagian merek modem yang sempat saya gunakan kala itu, antara lain berbagai tipe Huawei, ZTE, dll. Provider yang digunakan kebetulan semuanya kalau bukan Telkomsel, maka Indosat. Uji coba yang saya lakukan saat itu hanyalah uji coba ringan, berupa browsing dan mengunduh file berukuran kurang dari 10 MB.

Pada awal tahun 2012, singkat cerita “tiba-tiba” saya membutuhkan modem USB dengan koneksi internet yang bisa dipakai di rumah, maupun saat saya bepergian. Kali ini saya memutuskan untuk menggunakan modem CDMA, lebih tepatnya yang sudah mendukung EVDO, minimal EVDO A. Dan supaya praktis saya memilih modem yang sudah termasuk simcard provider. Pilihan saya saat itu hanya ada satu dari dua :

  1. Huawei EC1261-2 : Smartfren, Bonus Internet 2 Bulan speed (D/L) up to 3.1 Mbps. Harga saat itu : 300ribuan
  2. Huawei EC156 : AHA, Bonus Internet 1 Bulan speed (D/L) up to 600 kbps. Harga saat itu : 340ribu

Karena faktor bonus gratisan yang saya anggap lebih bagus (akses Internet 1 Bulan speed (D/L) up to 3.1 Mbps) dan faktor harga yang lebih murah, maka saya memutuskan untuk membeli Huawei EC1261.

This is Huawei EC1261 EVDO Revlina S Temat A

Satu hari setelah membeli modem, saya baru mulai menggunakannya. Dan sejak saat itu, uji coba saya lakukan, dari yang ringan sampai yang berat. Berikut ini hasil penilaian saya setelah menggunakannya :

Positive (+)

  • Bonus gratis akses Internet sangat bagus.


    Smartfren cukup bermurah hati dalam hal ini. Bayangkan saja, dua bulan gratis akses Internet dengan kecepatan download maksimal 3.1 Mbps! Dua bulan ini bisa dijadikan bahan percobaan bagaimana kualitas Smartfren, dan dapat menjadi pertimbangan Anda apakah Anda mau meneruskan menggunakan Smartfren atau tidak.

  • Cepat


    Kecepatan maksimal 3.1 Mbps pada kenyataannya memang jarang mencapai kecepatan maksimal, tapi dari apa yang saya rasakan memang cepat. Browsing rata-rata sangat cepat selama kecepatannya normal. Begitu juga dengan download, kecepatan downloadnya juga sangat cepat selama kecepatannya normal dan selama bandwidth server tempat sumber downloadnya juga cukup besar. Dari berbagai percobaan download, saya biasa mendapatkan kecepatan 1 Mbps, kecepatan 1.5 Mbps juga cukup sering saya dapatkan, bahkan terkadang mendapatkan kecepatan maksimal 3.1 Mbps! Berikut ini contoh hasil download saya kala itu :

Minus (-)

  • Terdapat batas harian kecepatan pada saat bonus gratis akses Internet.


    Batasnya adalah 1 GB per hari. Jika dalam sehari jumlah total unduh dan unggah data mencapai 1 GB, maka kecepatan akan turun drastis dari kecepatan normal menjadi 384 Kbps. Browsing dengan kecepatan tersebut masih tergolong lumayan, tapi untuk download saya kategorikan tidak cepat. Oh ya walaupun ini kekurangan, tapi karena ini ada pada bonus gratis akses Internet, maka kekurangan ini saya anggap tidak terlalu berarti karena walaupun “pelit”, minimal Smartfren masih memberikan Bonus Internet 2 Bulan speed (D/L) up to 3.1 Mbps.

  • Terkadang koneksi Internet terputus beberapa menit, penyebabnya sinyal yang tiba-tiba hilang atau faktor traffic yang padat.


    Anehnya, saya mengalami hal ini setelah bonus gratis Internet 2 bulan berakhir. Memang tidak sering, tapi lumayan menggangu jika sedang mendapatkan masalah ini.
    Solusi masalah ini jika berlangsung lama, maka putuskan koneksi terlebih dahulu, lalu sambung koneksi lagi. Jika masih belum ada perubahan coba restart komputer terlebih dahulu.

  • Volume Data tidak sesuai dengan dijanjikan
    Saya sudah 3 kali berlangganan paket volume based 6 GB, dan untuk membuktikan apakah Smartfren menghitung volume data yang tepat, maka saya juga menghitung volume data koneksi Internet dengan bantuan software. Dari hasil percobaan 3 kali tersebut, yang pertama memang kurang lebih sesuai 6GB, tapi yang kedua dan ketiga tidak sesuai. Hasil yang ketiga adalah 5.74 GB, dan ada selisih 0.26 GB.

  • Tidak ada akumulasi waktu ketika perpanjangan

Omake (o_o)

  • Kecepatan tergantung sinyal


    Perlu saya sampaikan bahwa kecepatan akses Internet GSM, CDMA, EVDO, dsj pada umumnya tergantung pada beberapa faktor, di antaranya adalah kekuatan sinyal provider tersebut di tempat Anda. Begitu juga dengan Smartfren. Dari beberapa percobaan saya, sinyal Smartfren sangat bagus di kamar saya, tapi sangat jelek di beberapa ruangan di kantor saya. Jika mendapatkan sinyal kuat/bagus, maka otomatis kecepatan normal up to 3.1 Mbps bisa tercapai, sebaliknya jika mendapatkan sinyal lemah/jelek, maka kecepatannya sangat turun drastis, bahkan bisa selemah kecepatan dial up (D/L up to 54 Kbps).

Outro

Berikut ini beberapa kesimpulan saya sekaligus sebagai penutup :

  • Modem Huawei EC1261 yang saya gunakan selama ini tidak bermasalah, jadi ini bisa dijadikan referensi dan pertimbangan tambahan Anda jika ingin membeli modem EVDO Rev A.
  • Saya tidak dapat memutuskan provider yang terbaik karena sinyal kuat suatu provider di satu tempat bisa sangat lemah di tempat lain. Oleh karena itu jika Anda ingin yakin, sebaiknya mencoba beberapa provider, apalagi jika ada bonus gratisan atau teman ada yang mengizinkan meminjamkan modem dan cardnya. Jika sinyal jelek, ganti dan cari yang lain, pakai dan gunakan sinyal bagus dan kuat sesuai tempat Anda.
  • Jika Anda memilih Smartfren tapi masih bingung paket Internet apa yang mau dipilih, maka saran saya pakailah paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Jika Anda lebih suka/sering browsing daripada download, maka paket True Unlimitted cocok untuk Anda. Pilih reguler (D/L up to 153 Kbps, U/L up to 128 Kbps) jika Anda tidak terlalu memperhatikan kecepatan. Jika ingin lebih cepat gunakan premium (D/L up to 384 Kbps, U/L up to 128 Kbps).Jika Anda lebih suka download, atau lebih mementingkan waktu (time is life), maka lebih baik memilih paket Volume Based (D/L up to 3.1 Mbps, U/L up to 1.8 Mbps) . Paket 2 GB saya rasa cukup untuk kebutuhan standar seperti browsing dengan jarang download atau nonton video streaming. Jika suka download dan nonton video streaming, paket 6 GB dan 12 GB bisa dijadikan pilihan.

Demikian review saya kali ini, jika suatu waktu ada kesempatan untuk mencoba yang lain, saya akan membuat reviewnya juga.

Teman Anda yang biasa saja,

Yusuf KS.

2 Responses to “Review Huawei EC1261-2 Smartfren”


  1. 1 hazuran August 25, 2012 at 4:14 pm

    Beberapa bulan lalu, Nu kasih modem dengan tipe ini.
    Setelah masa gratisnya habis, kan diisi ulang pake yang 50 ribuan.
    Eh, ga tau kenapa suatu hari, si modem ga bisa dipake lagi.. Padahal sisa tenggat waktunya masih panjang..
    Waktu dibawa ke gerai smartfren, mbaknya bilang suruh di format di.. pusat smartfren. Tapi karena letak pusatnya jauh-jauh banget, jadi sampe sekarang belum diformat..
    Untungnya Nu kasih modem yang lain lagi😀 Tapi karena belum diisi pulsa lagi, jadi belum bisa dipake buat ngnet deh..

  2. 2 Yusuf KS August 26, 2012 at 7:43 am

    Terima kasih telah sharing pengalamannya. Beda pemakai beda pula hasil pengalamannya. Sayang banget modemnya ga bisa dipake lagi, mungkin karena faktor kurang beruntung (kebetulan dapet modem yang ga bagus) atau faktor lainnya, tapi kalau masih garansi sih mendingan diklaim garansinya. Kecuali kalau seandainya waktu dan biaya (transportasi dll) saat klaim garansi lebih mahal daripada harga modem itu sendiri🙂


Leave a Reply

Choose Category :

Top Clicks

  • None

Blog Stats

  • 80,790 hits

Attention :

I would like you to ask permission if you want to “copy, paste and share” my work on this blog. However if you do not then please just give the credit/link.

Website Safety Reputation:
Rating for myks.wordpress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6 other followers

July 2012
S M T W T F S
« Mar   Aug »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

