Membuat KTP-El Baru

Setelah mempunyai KK baru dengan data yang sudah benar, saatnya melanjutkan membuat e-KTP alias KTP-Elektronik dengan data yang baru. Untuk pembuatan KTP-El ini pada intinya cukup mudah yaitu mendaftar online ke web Disdukcapil, lalu datang ke kantor Disdukcapil. Kelihatannya mudah banget yaa?

Tapi pada faktanya pada saat pertama kali saya datang ke Kantor Disdukcapil yang kantornya lebih luas daripada kantor Kecamatan,  saya kembali tersesat dalam mencari informasi di tengah-tengah kerumunan  banyak orang nan ramai. Bolak-balik dioper, namun akhirnya ketemu juga jalannya. Sebenarnya di depan Kantor Disdukcapil ada petugas jaga di depan, namun karena banyak orang yang pada ngantri ngerumuninnya, jadinya “ga ngeh” .

Saya sudah tiga kali ke Disdukcapil untuk mencetak KTP-el, untuk diri sendiri maupun mengantar keluarga, jadi sudah paham dan di blog ini saya ingin share tips membuat KTP-el supaya tidak mengalami ketersesatan informasi dan kebingungan saat pertama kali.

Cara membuat KTP-el sangat mudah:

I. Datang ke Kantor Kecamatan [Wajib untuk yang Belum Rekam Data]

Bagi yang belum pernah sama sekali melakukan rekam data KTP-el, maka perlu datang ke Kantor Kecamatan. Ambil antrian A untuk pengurusan KTP, tunggu antrian, saat mendapat giliran maka akan difoto, menulis tanda tangan, dan pengambilan sidik jari. Setelah itu lanjut daftar online.

Bagi yang sudah melakukan rekam data, dan jika ingin mencetak KTP-el baru karena ada perubahan data atau mau ganti foto, maka bisa langsung daftar online ke web Disdukcapil, tidak perlu datang ke Kantor Kecamatan.

II. Daftar online di web Disdukcapil

Berhubung domisili saya di Tangerang Selatan, alamat webnya adalah http://siakcapil.tangerangselatankota.go.id/

Web tersebut bisa diakses melalui browsing PC/Laptop maupun smartphone, walau pada saat saya mengakses dulu hanya bisa diakses melalui smartphone.

1. Akses web

Akses web http://siakcapil.tangerangselatankota.go.id/ dapat dilakukan pagi sampai malam hari (Offline mulai pukul 20.00 WIB)

2. Klik Pendaftaran

3. Isi NIK, Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat Tanggal Lahir, Nomor Handphone, Email,  Password, dan Captcha. Setelah semua diisi klik tombol Daftar.

Tips: Daftar sekali saja dengan mengisi NIK Kepala Keluarga saja. Karena nanti yang mengikut di KK, dapat melakukan pencetakan KK.

4. Setelah itu akan dapat SMS untuk verifikasi. Diisi aja nomor verifikasinya.

5. Login dengan nomor handphone dan password.

6. Pilih Pendaftaran, Lalu Pilih KTP Elektronik (Cetak)

7. Pilih NIK anggota keluarga yang ingin dicetak KTP-Elnya, lalu pilih tanggal pengurusan ke kantor Disdukcapil yang tersedia. Jika sudah, lanjutkan dengan menekan tombol Ajukan.

8. Secara otomatis akan mendapat email berisi lampiran dokumen dan informasi mengenai cetak KTP baru termasuk informasi nomor registrasi dan tanggal kunjungan. Dokumen ini dicetak dan nanti dibawa ke Kantor Disdukcapil.

9. Jika tidak mendapat email, dokumen tersebut bisa diakses melalui menu Aktivitas, klik Pilihan pada KTP Elektronik Pencetakan, lalu klik Detail. Akan muncul informasi data pelaporan termasuk informasi nomor registrasi dan tanggal kunjungan, data inilah yang perlu dicetak dan nanti dibawa ke Kantor Disdukcapil..

 

III. Datang ke Kantor Disdukcapil

1. Datang ke Kantor Disdukcapil sesuai domisili.
Datang dengan membawa fotokopi KK,  dokumen daftar online yang sudah dicetak, dan materai Rp6000. Jika tujuan datang adalah mencetak KTP baru karena ada perubahan data, maka KTP-El lama jangan lupa dibawa.

Tips: Datang lebih pagi supaya mendapat nomor antrian yang tidak terlalu lama.

2. Ambil antrian.
Di Kantor Disdukcapil Tangerang Selatan, untuk mengambil antrian cetak KTP-el ada di bagian depan kantor Kantor Utama Disdukcapil Tangsel, ada petugas duduk di sana.

3. Ambil formulir untuk mengganti foto atau tanda tangan (opsional).
Bagi yang ingin mengganti foto atau tanda tangan, maka perlu mengambil formulir lagi di loket bagian dalam. Formulir ini diisi dan ditandatangani di atas materai.

4. Menuju loket F atau loket 5, yaitu bagian Cetak KTP-el.
Posisinya ada di bagian paling kanan di bangunan utama. Jika kebingungan, tanya aja loket untuk KTP-el ada di mana.

5. Sabar menunggu giliran di ruang tunggu.
Lama waktu menunggu tergantung nomor antrian. Dari 3 kali saya ke Disdukcapil, ketiganya tiba di pukul 08.00 WIB, dan waktu menunggu paling cepat sekitar satu jam lebih, sedangkan paling lama sekitar dua jam lebih.

6. Saat dipanggil, cek isi data KTP-el sebelum dicetak. Bagi yang ingin mengubah foto atau tanda tangan bisa dilakukan di petugas yang menangani rekam data.

7. KTP-el baru akan dicetak, cek lagi sebelum pergi. Selesai. Mudah dan cepat kalau sudah di dalam ruangan 🙂

Semoga Bermanfaat.

 

Yusuf KS.

One response to this post.

  1. […] Berhubung domisili saya di Tangerang Selatan, alamat webnya adalah http://siakcapil.tangerangselatankota.go.id/ , jika sudah punya user login tinggal masuk saja. Jika belum punya user login maka harus melakukan pendaftaran dulu. […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: