Pemilu 2019

Besok, hari Rabu 17 April 2019 pesta lima tahunan rakyat kembali diselenggarakan, ini adalah Pemilu pertama yang memilih presiden dan legislatif sekaligus dalam satu waktu. Terobosan yang bagus supaya lebih hemat waktu dan biaya, walau hal ini tentu sebenarnya ditentang oleh para Caleg karena waktu kampanye mereka lebih sedikit dan bercampur dengan kampanye calon presiden.

Pileg
Mengenai pileg, jujur saja sampai saat ini saya tidak tahu caleg terbaik yang mana yang harus saya pilih, umumnya nama para caleg adalah nama yang asing dan tidak saya kenal, sosialiasi juga kurang, ditambah faktor malas dan ga nyaman melihat banyak poster caleg ga jelas berkeliaran di jalan.

Kalau serius mau supaya caleg dipilih, harusnya mereka mendatangi masyarakat dan membuat suatu cara yang baik supaya mereka dipilih, cara yang berakhlaq mulia dan tidak melakukan money politics.

Sebenarnya saya lebih suka pileg ditiadakan saja, mending pilih partai saja, urusan caleg biar diatur oleh keputusan partai. Partai yang bagus akan memilih caleg yang memang benar-benar mampu dan ahli di bidangnya. Kalau ternyata caleg yang dipilih partai banyak yang tidak bagus, tinggal hukum partai tersebut dengan tidak memilihnya lagi. Jika pileg ditiadakan akan lebih banyak menghemat biaya dan mengurangi polusi poster caleg yang bertebaran di jalanan.

Jadi pileg mana yang akan saya tusuk besok? Tidak tahu, mungkin kalau besok saya melihat ada nama yang saya anggap bagus, maka nama itu akan saya pilih. Jika tidak ada atau tetap bingung, yaa saya akan tetap tusuk partai saja. Tidak ada partai yang ideal, semuanya memiliki kekurangan. Males sebenarnya sih, tapi daripada ga milih, mending pilih partai yang masih mendingan, yang minimal masih berusaha untuk memajukan dan membela ummat.

Pilpres

Rematch Jokowi VS Prabowo. Jokowi didampingi KH Ma’ruf Amin, Prabowo didampingi Sandiaga Uno. Pendapat pribadi saya dari sisi calon presiden, kedua-duanya bukan pilihan ideal. Dulu saya mengharapkan Gatot Nurmantyo maju jadi capres, namun sayang sekali harapan ini ga terwujud. Jokowi sudah jadi presiden selama 5 tahun, jadi sudah tahu kelebihan dan kekurangannya. Prabowo belum bisa dikritik karena belum pernah jadi presiden, tapi kampanyenya “nakut-nakutin” bahkan pernah menggunakan kalimat yang seharusnya ga perlu diucapkan, masih ada kata celaan lain yang lebih sopan daripada r4p3, dll.

KH Ma’ruf Amin, seorang ulama, saya respect dengan beliau. Tapi maaf umur yang sudah sepuh membuat saya ragu apakah beliau bisa maksimal dalam menjadi wapres, dan apakah punya kontrol yang lumayan besar sebagai wapres? Kalau saja yang menjadi cawapres adalah Mahfud MD, maka ini adalah duet maut Jokowi – Mahfud MD yang saya yakin banyak orang akan lebih yakin memilih Jokowi.

Sandiaga Uno, sayang sekali beliau melepas jabatan wakil gubernur DKI yang masih lama masa jabatannya. Apakah tidak ada orang lain yang juga hebat yang bisa menjadi cawapres mendampingi Prabowo? UAS sayang banget nolak, tapi alasan beliau bagus karena ingin fokus dakwah. Sandiaga Uno akhirnya dipilih, mungkin memang tidak ada yang calon lain yang baik yang mau menjadi wapres, sehingga Sandiaga mau melepas jabatan wakil gubernur untuk menjadi cawapres. Sandiaga Uno adalah pengusaha muda yang sukses bertampang ganteng, sehingga diharapkan ibu-ibu dan kaum muda milenia tertarik dan mau memilih Sandi. Sandiaga Uno juga lumayan shalih walau level ilmu agamanya tentu masih jauh di bawah KH Ma’ruf Amin. Namun ada informasi bahwa Sandiaga Uno rajin puasa sunnah (puasa Daud) dan amalan sunnah lainnya, entah masih berjalan atau engga, mudah-mudahan masih berjalan. Dan ternyata pada saat debat capres dan cawapres, penampilan Sandiaga Uno sangat baik dan memukau. Hebat banget, kenapa ga Sandiaga Uno aja deh yang jadi Capresnya 🙂

Sudah mulai ada titik terang siapa yang akan saya pilih, dan keputusan saya ini semakin yakin begitu banyak ulama yang mendukung pilihan ini, di antaranya Ustadz Arifin Ilham, Aa Gym, Ustadz Adi Hidayat, dan yang utama adalah Ustadz Abdul Somad, ustadz yang saat ini paling saya kagumi.

Saatnya ke TPS

Besok saatnya ke TPS untuk menentukan pilihan. Sayang sekali sampai hari ini saya tidak dapat undangan TPS padahal KTP dan KK baru saya sudah jadi di bulan September Oktober 2018, lumayan jauh dari bulan April 2019. Hari Senin 15 April 2019 saya mendatangi pak RT untuk menanyakan hak pilih saya, pak RT mengecek di lembaran data KPU yang dia punya ternyata tidak ada nama saya dan istri. Bapak RT langsung memotret KK saya dan mengirimkannya ke pihak terkait sambil mengatakan, “Kalian sudah jadi warga sini. Kalau seandainya tetap tidak dapat undangan, 17 April 2019 datang aja ke TPS xxx sambil bawa KTP, tapi mungkin nyoblosnya agak siang.”

Kita lihat besok bagaimana, nanti saya update 🙂

Update 17 April 2019:  Saya, istri, dan warga sekitar yang tidak dapat undangan dapat mencoblos di TPS kami 17 April 2019 mulai pukul 12.00 WIB.

Penutup

Beberapa hari yang lalu saya pernah bermimpi Prabowo kalah pemilu presiden 2019. Mimpi ini bisa jadi kenyataan yang sama persis, atau bisa jadi malah terbalik. Kita lihat saja faktanya nanti sama-sama, namun semoga ada keajaiban dan kejutan yang seru seperti pada saat Ahok –  Djarot Vs Anis – Sandi.

Siapapun yang menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2019 nanti, semoga itulah yang terbaik dan serius menjadi pemimpin yang baik yang lebih mengutamakan rakyat daripada kepentingan pribadi dan partai,  dan semoga bisa lebih serius menangani masalah-masalah yang masih ada di Indonesia. Aamiin.

Update 18 April 2019: Tidak ada keajaiban dan kejutan seru pada pilpres 2019 ini, ternyata sesuai dengan banyak prediksi banyak pihak. Mimpi saya pun jadi kenyataan. Semoga Bapak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin dapat memegang amanah ini dengan sebaik-baiknya selama 5 tahun, dan semoga ada perubahan yang lebih baik dalam kebebasan berpendapat, kestabilan ekonomi, kestabilan sembako dan energi, BPJS, membela HAM, memberantas korupsi, mengutamakan ummat dan rakyat, dan lain-lain. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: