Kontrol Kehamilan Trimester I

Dari sisi medis, hasil TP positif masih merupakan tanda mungkin hamil, dan belum merupakan tanda pasti hamil. Tanda pasti hamil baru dapat diketahui setelah dicek kepada tenaga medis, melalui USG atau test lainnya. Kami berencana untuk mengecek kepada dokter kandungan pada pekan pertama Januari 2019.

Selanjutnya adalah memilih dokter kandungan untuk kami. Ada beberapa opsi yang kami dapatkan, yaitu dr. Agus, dr. Angga, dan dokter lain:

  1. Dr. Agus
    Sebenarnya kami ingin sekali kontrol kehamilan minimal sekali saja ke dr. Agus sekaligus berterima kasih kepada beliau. Namun karena pertimbangan biaya, kami tidak jadi memilih beliau. Kami tetap berkeinginan datang ke beliau untuk berterima kasih, tapi bukan dalam bentuk kontrol rutin, mungkin kami sempatkan sekali saja kontrol kepada beliau, atau cara lainnya.
  2.  Dr. Riyana Kadarsari, Sp.OG
    Karena beberapa waktu terakhir ini sering ke RS Hermina Ciputat, saya jadi tahu mengenai dr. Riyana yang sangat populer. Saya cek di internet juga banyak yang merekomendasikan dr. Riyana. Oleh karena itu saya jadi penasaran ingin tahu kenapa bisa sepopuler dan banyak direkomendasikan orang lain. Saya coba cek jadwalnya, ternyata jadwalnya selalu di hari kerja pada pagi hari. Inilah alasan utama yang membuat kami tidak memilih beliau.Buat pembaca yang ingin kontrol ke dr. Riyana di RS Hermina Ciputat, sebagai informasi tambahan beliau termasuk dokter yang tidak menerima BPJS, dan meskipun begitu pasiennya tetap banyak, jadi jangan kaget kalau banyak antriannya. Namanya juga dokter yang populer 🙂
  3. Dr. Angga
    Pilihan kami akhirnya jatuh ke dr. Angga karena beberapa hal seperti beliau asyik, aktif, informatif, cara komunikasinya sangat baik dan terbuka, biaya masih terjangkau budget kami, dan faktor utamanya adalah beliau tahu kondisi istri saya dari sejak awal, karena beliaulah dokter kandungan pertama yang kami pilih dalam program hamil.

Rencana kontrol ke dokter dilakukan pada hari Sabtu 5 Januari 2019. Sampai waktu kunjungan tersebut, kami berdua masih harap-harap cemas dan terus berdoa semoga istri benar-benar hamil dan tidak ada kelainan pada kehamilannya seperti kehamilan di luar kandungan, dll.

 

Kontrol Kehamilan Pertama
Tibalah waktu kunjungan ke dokter Angga di hari tersebut. Ketika dokter Angga bertemu kami, pada awalnya beliau sempat berpikir apakah kami datang karena disuruh dr. Agus untuk melakukan tes tertentu dengan dr. Angga, dsj, dan begitu kami bercerita bahwa istri saya sudah positif, beliau terlihat sangat senang. Dr. Angga bertanya kepada kami mengenai beberapa hal mengenai program hamil kami bersama dr. Agus, dan kamipun menjawabnya.

Tiba saatnya istri saya dicek melalui USG Transvaginal, dan alhamdulillah hamil di dalam kandungan. Usia kehamilan ternyata sudah enam minggu dan masih dalam bentuk embrio. Denyut jantungnya terdengar, namun agak lambat ritmenya. Ukuran embrio masih berukuran, padahal seharusnya lebih, ini disebabkan karena peredaran darah kurang lancar.

Oleh karena itu istri saya diberi resep utrogestan dan thrombo aspilet untuk dikonsumesi sehari sekali selama 2 minggu. Istri juga diberi beberapa vitamin kehamilan. Dan kami dianjurkan untuk datang kontrol lagi pada tanggal 19 Januari 2019.

Karena ini kehamilan pertama, pasti banyak yang ingin kami ketahui dan tanyakan. Sebelum kami bertanya, dr. Angga memberi informasi bahwa pada saat kelahiran nanti, dokter selalu berusaha untuk lahir secara normal, tapi dalam situasi tertentu atau terdesak ada yang mengharuskan untuk lahir secara operasi caessar.

Sebelum istri hamil, sebenarnya kami sudah membaca buku mengenai kehamilan, yaitu Tanya Jawab Problem, Mitos, dan Penyakit Seputar Kehamilan , banyak informasi dan jawaban yang kami dapatkan mengenai kehamilan, namun tetap saja masih banyak pertanyaan lain yang ingin ditanyakan.

Kami sudah menyiapkan pertanyaan, belasan pertanyaan untuk kontrol pertama, semuanya dijawab dengan baik oleh dr. Angga, dan pertanyaan yang utama adalah mengenai istri jatuh pada bulan Desember 2018, dan dijawab oleh dokter Angga, “Barusan di cek USG, dan semuanya normal. Kalau akibat jatuh kemarin itu ada efeknya, pasti akan ketahuan.” Di pertemuan berikutnya ada pertanyaan lain yang ingin ditanyakan, dan itu juga dijawab dengan baik oleh beliau.

Kontrol Kehamilan Kedua
Hari Sabtu 19 Januari 2019 tiba, saatnya kontrol kehamilan yang kedua di dr. Angga. Hal pertama yang ditanyakan dr. Angga kepada istri adalah :
“Apakah selama 2 pekan terakhir ini mengalami flek?”
“Tidak.”
“Syukurlah, karena ada perempuan yang hamil pertama kali mengeluarkan flek.”

Saat USG, embrio dan kantung janin sudah berukuran seharusnya di Minggu 8, dan denyut jantung sudah lebih cepat ritmenya dan sesuai pada usia kehamilan ini. Alhamdulillah. Melihat hasilnya bagus, dokter Angga mengatakan bahwa kontrol kehamilan berikutnya cukup sebulan sekali saja.

Istri saya juga sempat bertanya tentang dirinya yang merasa tidak mual dsj meskipun sedang hamil. Dokter menjawab sambil tersenyum, “Belum, nanti juga akan merasakan.”

Dokter Angga lalu memberi resep yang sama seperti sebelumnya hanya saja Folavit yang sudah habis dikonsumsi diganti dengan Folamil Genio yang lebih mantap. Pada kunjungan ini pula akhirnya kami mendapat buku kontrol kehamilan, dan waktu kontrol berikutnya adalah empat pekan ke depan, 16 Februari 2019

Kontrol Kehamilan Ketiga
Perkataan dokter Angga menjadi kenyataan, istri saya yang dari Minggu 1 -8 tidak merasakan mual, sejak Minggu ke 9 akhirnya merasa mual, enek, dsj. Semakin bertambah usia kehamilannya, semakin hebat rasa mual dan eneknya, bahkan terkadang muntah.

Pada kontrol kehamilan ke-3 pada tanggal 16 Februari 2019, istri saya langsung mengeluh mengenai rasa mual dan eneknya. Dokter memberi solusi untuk mengurangi rasa mual dan enek, “Coba konsumsi sesuatu yang rasanya manis, atau pandangi suami ibu juga sudah cukup.” 😀

Saat USG, kantung janin sudah berukuran seharusnya di Minggu 12, dan denyut jantung normal dan cepat ritmenya sesuai pada usia kehamilan ini. Dan kini embrio sudah berubah menjadi janin sehingga bentuk tubuh bayi sudah mulai terbentuk, kepala sudah terlihat, punggung sudah terlihat, kaki, tangan, dan lainnya. Pada saat pengecekan janin ini melalui USG, dokter tidak menemukan adanya kelainan. Alhamdulillah, semoga senantiasa selamat dan lancar.

Hal yang menarik ketika USG kali ini adalah posisi janin terlihat sedang sujud, lalu kemudian “berenang-renang” di air ketuban. Pada saat melihat posisi sujud, ada percakapan menarik:
“Wah…lagi sujud janinnya, padahal saya belum shalat Ashar.”
“Kami juga belum shalat Ashar dok, nanti habis ini langsung shalat” 🙂

Dokter Angga masih memberi resep yang sama dengan memberi pesan,
“Dengan mengkonsumsi Utrogestan dan thrombo aspilet, rasa mual dan enek dapat bertambah dahsyat, tapi untuk memaksimal khasiat keduanya yang bagus untuk kehamilan, ibu harus tetap rutin mengkonsumsinya.”

Istri juga diharuskan untuk melakukan tes laboratorium darah rutin yang hasilnya diserahkan pada saat kontrol, empat minggu lagi. Sebenarnya pada bulan November 2018, istri sudah pernah tes darah rutin dan hasilnya normal semua, sel darah merah, darah putih, dan thrombosit, kami menceritakan hal itu dan dokter Angga menjawab bahwa tes darah rutin sebelum hamil dan setelah hamil mungkin akan berbeda hasilnya, oleh karena itu perlu dites kembali saat masa kehamilan.

Tanggal Selesai Penulisan 8 Maret 2019
Tanggal Publikasi di Blog 22 Oktober 2019

 

Disclaimer: Apabila ada informasi obat, suplemen, dsj pada tulisan program hamil kami, maka itu hanya karena obat itulah yang diresepkan dan kami konsumsi, kami tidak menganjurkan Anda menggunakan obat tanpa resep dan rekomendasi dokter. Obat yang cocok untuk seseorang belum tentu cocok untuk orang lain, tergantung kondisi orang tersebut dan diagnosa dokter.

One response to this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: