Kapan Puasa? Kapan Lebaran?

Pada menjelang Ramadhan seperti ini, dan juga pada saat menjelang Lebaran, Idul Fithri nanti, biasanya pertanyaan bernada seperti ini sering diajukan, “Kapan puasa?”, “Kapan lebaran?”

Jika saya ditanya pertanyaan seperti itu, maka jawaban saya seperti ini :

Ada banyak pendapat tentang masalah ini, ada ru’yah global, ru’yah lokal, hisab wujudul hilal, hisab imkanur ru’yah, dll. Bagi yang bermadzhab, tinggal pilih pendapat madzhabnya saja. Bagi yang menjadi anggota ormas, tinggal pilih pendapat ormas tersebut. Bagi yang belum bermadzhab, kalau sempat pelajari alasan masing-masing pendapat dan pilih pendapat yang dianggapnya paling kuat. Bagi yang mau mengikuti apa kata pemerintah juga silakan. Yang penting pendapat apapun yang dipilih, hendaknya saling menghormati dan tidak merasa paling benar sendiri serta tidak menyesatkan, membidahkan apalagi mengkafirkan kelompok yang berbeda dengannya.

Bagi yang ingin mempelajari alasan masing-masing, lalu memilih pendapat yang paling kuat, saya sudah menulis suatu tulisan yang dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan Anda, yaitu : Penentuan Hilal dengan Ru’yah dan Hisab

Akhir kalimat, pada kesempatan kali ini saya menekankan sekali lagi untuk pendapat apapun yang Anda pilih, hendaknya saling menghormati dan tidak merasa paling benar sendiri serta tidak menyesatkan, membidahkan apalagi mengkafirkan kelompok yang berbeda dengannya. Selamat menunaikan ibadah shaum Ramadhan 1433 H, mari sama-sama meningkatkan ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini.

Yusuf KS.

One response to this post.

  1. Met menjalankan ibadah puasa….

    Reply

Leave a comment